Wakil Wali Kota Promosikan Produk Olahan Lidah Buaya Kelurahan Sei Agul di Depan Tim Penilai Desa/Kelurahan Sumut

93

Medan-Intipnews.com: Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2023, Selasa (11/7/2023) di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan. Dalam kegiatan yang digelar di Jalan Karya Gang Wakaf itu, Aulia berharap agar Kelurahan Sei Agul dapat menjadi yang terbaik di Provinsi.

Dalam perhelatan yang dihadiri antara lain hadapan Tim Penilai Pemprovsu, Anggota DPRD Medan Robi Barus, Kepala BPS Medan Enny Suryani, pimpinan perangkat daerah, Camat Medan Barat Lilik, pengurus TP PKK Medan, tokoh masyarakat dan agama itu, Aulia mengungkapkan, Kelurahan Sei Agul mempunyai program unggulan dalam melahirkan dan meningkatkan UMKM.

Salah satu program unggulan itu adalah mengembangkan tanaman lidah buaya menjadi produk olahan makanan dan minuman. Selain itu, dengan dukungan pihak Kelurahan Sei, tanaman aloevera ini juga diproduksi menjadi handsanitizer san sabun colek.

“Ini sangat bagus buat perekonomian. Terimakasih kepada Tim Penggerak PKK yang selalu solid, turun ke bawah dan saling mengingatkan,” ungkap Aulia.

Terkait penilaian, Aulia Rachman mengatakan Pemko Medan tidak mengintervensi.Dia mempersilaan tim penilai bekerja. Yang jelas, lanjutnya, di Kelurahan ini lima program priorits Wali Kota Medan telah berjalan dengan baik.

“Silakan panitia menilai. Mudah-Mudahan Sei Agul dapat menjadi Kelurahan yang terbaik,” harapnya.

Dalam kegiatan itu, Lurah Sei Agul Muhammad Aidiel Putra Pratama juga mempresentasikan berbagai program yang dilaksanakan di wilayahnya. Terkait produk olahan tanaman lidah buaya, Aidel mengatakan, pelaku UMKM produk olahan lidah buaya merupakan binaan PKK Sei Agul. Disebutkannya, seluruh tahapan penembangan dan pemberdayaan UMKM mulai dari permodalan, produksi, packaging, penjualan dan promosi dilakukan oleh ibu-ibu PKK Sei Agul.

Disebutkannya pula, produk makanan dan minuman dari lidah buaya yang dinamakan Celibu atau Cemilan Lidah Buaya telah mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.

Aidiel juga mengungkapkan, guna mewujudkan kondusivitas wilayah, pihaknya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas membuat program CT Link. Program ini, sebutnya, dilaksanakan dengan memasang CCTV di wilayah kelurahannya. Saat ini sudah terpasang CCTV di 26 titik lokasi.

Dalam kesempatan itu, Aidiel juga mempresentasikan program Sketsa atau Surat Keterangan Sei Agul. Di hadapan tim penilai, Aidiel menyebutkan, dengan adanya program ini masyarakat dapat mengurus surat keterangan secara online dengan scan baracode atau website resmi kelurahan dan mengisi formulir yang telah disedia secara daring.

Selain itu, berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan, Kelurahan Sei Agul juga telah mempunyai Taman Baca. Aidiel menyebutkan, taman baca itu berlokasi di Gang Wakaf Lingkungan 15 ini diharapkan dapat mengembangkan literasi. Dia menambahkan, di taman baca ini juga ada fasilitas Wifi gratis yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan.

Berbagai program lainnya juga disampaikan Aidiel dengan baik dan sistematis. Keseluruhan program ini tentuna sejalan dengan dengan visi dan misi Kota Medan.Itp05