Wali Kota Binjai Terima Konsulat Jenderal Jepang untuk Jalin Kerjasama Pembangunan

27
Wali Kota Binjai Terima Konsulat Jenderal Jepang untuk Jalin Kerjasama Pembangunan
Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP terima kunjungan kerja dari Konsulat Jenderal Jepang untuk Medan Mr. Takonai Susumu. (Foto: Ist)

Binjai-Intipnews.com: Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP terima kunjungan kerja dari Konsulat Jenderal Jepang untuk Medan Mr. Takonai Susumu di Ruang Kerja Wali Kota, Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Binjai, Ju’mat (18/2/2022).

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Binjai didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Binjai Majid Ginting, Kaban Kesbangpol Kota Binjai T. Syarifuddin, Plt. Kadis Perkim Kota Binjai Mahyar, Kabag Pemerintahan Adri Rivanto, Kabag Hukum Salmadeni, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Binjai.

Mr. Takonai Susumu dalam kunjungan kerja ini menyatakan keinginannya untuk menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Binjai. Ia pun menyebutkan hubungan yang pernah terjalin dengan Pemko Binjai melalui hibah yang diberikan beberapa tahun lalu ke sekolah dan rumah sakit yang ada di Kota Binjai. Ia juga menyebutkan program kerja konsulat jenderal yang selama ini dilakukan namun terhenti akibat pandemi Covid-19. Program tersebut adalah program belajar yang membawa guru-guru pesantren untuk belajar dan mengunjungi Jepang. “Walaupun persentasi warga Jepang yang beragama islam di Jepang sangat sedikit, tapi Jepang sangat fokus dan memperhatikan wisata muslim dan pendidikan agama Islam di Jepang,” ucapnya. Ia juga meminta Wali Kota untuk bisa menjalin kerjasama serupa untuk membangun kerjasama kedua negara melalui program ini. Hal ini mengingat di Kota Binjai, perkembangan siar islam dan pendidikan agama islam dianggap mumpuni.

Wali Kota Binjai menyambut baik kunjungan kerja Konjen Jepang ini. Menurutnya, sudah sepatutnyalah Pemko Binjai dan Konjen Jepang dapat menjalani hubungan baik melalui program kerja dan kesepakatan yang kelak akan diperbuat. Ia juga menjelaskan tentang kerjasama yang sedang dipelajari dengan pihak swasta dari negara lain, hal ini menurutnya, merupakan salah satu cara memajukan kota dan meningkatkan penghasilan masyarakat dari ragam sektor yang ada. (itp/Riza)