Wali Kota Waris Tholib Sambut Kunjungan Ketua TP-PKK Sumut

164
foto :istimewa
Foto: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis saat tiba di Kota Tanjungbalai di sambut Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tanjungbalai Hj Fatiah Haitami Waris .Itp/Ist

Pemko Tanjungbalai Siapkan Program Bantuan Bibit Tanaman Antisipasi Inflasi

Tanjungbalai-Intipnews.com: Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tanjungbalai Hj Fatiah Haitami Waris bersama unsur Forkopimda menyambut kunjungan kerja Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Rabu (7/9/2022).

Dalam kunjungannya Hj Nawal Lubis ke Kota Tanjungbalai dalam rangka Safari Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) yang digelar di Pelabuhan Internasional Teluk Nibung Asahan, Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai Waris Thalib menyampaikan harapannya agar PKK dapat berperan dalam mengantisipasi kenaikan inflasi, antara lain melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman ketahanan pangan.

“Paling tidak menanam bawang, cabai, sayuran di pekarangan. Kami di Tanjungbalai memang sedang mengadakan program memberikan bantuan bibit tanaman yang bisa dimanfaatkan di pekarangan rumah sebagai antisipasi inflasi ini, ” ujar Waris.

Hal ini juga Waris melaporkan bahwa masyarakat Tanjungbalai merupakan daerah penghasil ikan sehingga warga disini semuanya gemar memakan iklan.

“Nelayan Tanjungbalai ada belasan ribu, kapal kapal ada 1500 an, gudang ikan mencapai 100 dan hasil tangkapan ikan per harinya atau yang masuk ke Tanjungbalai lebih dari 200 Ton. Artinya kita memang pengkonsumsi ikan, namun Tanjungbalai hari ini masih berupaya menurunkan angka Stunting,” sebut Waris.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis meminta seluruh pengurus PKK terus menjalankan Program Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman atau Hatinya PKK. Dengan harapan dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga.

Hal itu Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis menyampaikan  program hatinya PKK antara lain memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman kebutuhan pokok. Sehingga masyarakat bisa secara mandiri mendapatkan kebutuhan pangannya.

“Kita mengalami inflasi, harga cabai dan bawang naik, apabila ibu-ibu melaksanakan program Hatinya PKK, mau naik berapa pun harga cabai, tidak terlalu berpengaruh, karena ibu sudah punya masing-masing di rumah. Apabila harga harga cabai, bawang dan lainnya mahal, ibu punya ketahanan pangan sendiri, ” kata Nawal.

Karena itu, program hatinya PKK harus dilaksanakan secara optimal, jangan hanya ala kadarnya saja. Atau jangan saat ada kunjungan dari tim monitoring saja. “Jadi ibu-ibu, setelah tim monitoring menilai, tetap jalanlan Hatinya PKK,” ujar Nawal.

Nawal juga berpesan kepada para ibu yang memiliki usaha agar memanfaatkan teknologi digital yang saat ini sudah banyak berkembang. Hal itu dilakukan untuk membantu memperluas pasar penjualan produk. Nawal berjanji akan membuat pelatihan digital apabila diperlukan.

“Kalau ibu-ibu belum pernah dilatih memasarkan barang secara digital, nanti akan saya minta Dinas Koperasi dan UKM memberikan latihan kepada ibu-ibu, sehingga ibu ibu tidak gaptek dan bisa menjual produk ke seluruh Sumut bahkan nasional, ” ujar Nawal.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Tanjungbalai  Tengku Eswin, mewakili Dandim 0208/AS Kapten inf Hamlet marpaung, Danlanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi, Ketua Pengadilan Negeri Kota Tanjungbalai Suryani Siregar.

Mewakili Kejari Kota Tanjungbalai Nurul Ayu Rezeki, Pj Sekda Kota Tanjungbalai Nurmalini Marpaung, Kakan Bea dan Cukai Tanjungbalai Asahan Tutut Basuki, anggota DPRD Tanjungbalai Antoni Darwin (Anton King), mewakili Kordinator Satwas SDKP Asahan PSDKP Imran Rosyadi, mewakili KSOP Tanjungbalai Asahan Ali Mukti, mewakili Pelindo Menejer Keuangan dan Umum Khudri Al Akbar.itp,dev