Walikota Sidimpuan: Workshop Pengenalan Jurnalistik Buka Cakrawala Baru bagi Kades

32
Walikota Sidimpuan Workshop Pengenalan Jurnalistik Buka Cakrawala Baru Bagi Kades
Foto: Istimewa

SidimpuanIntipnews.com: Kegiatan workshop pengenalan jurnalistik bagi kepala desa (kades) se-Kota Padangsidimpuan diharapkan dapat membuka cakrawala baru bagi para Kades, untuk lebih mengenali mana wartawan profesional yang benar-benar menjalankan tugas jurnalistik dengan baik.

Harapan itu disampaikan Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH saat membuka kegiatan Workshop Pengenalan Jurnalistik bagi para Kades se-Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan PWI Tabagsel di Aula Mega Permata Hotel, Selasa (16/11/2021).

Irsan Efendi Nasution yang pernah bergelut di dunia jurnalistik tersebut lebih lanjut mengatakan, sangat prihatin dengan kondisi sekarang ini, banyak mengaku wartawan dan men-share berita-berita di media sosial maupun media resmi, namun sulit membedakan mana sesungguhnya karya jurnalistik mana konten yang tidak resmi.

“Saat ini sangat mudah mendirikan media, hari ini terpikir, besok sudah jadi,” katanya seraya membandingkan wartawan di masanya era tahun 80-an, dimana saat itu sulit mendirikan media apalagi media cetak, salah sedikit membuat berita sudah dicari aparat hukum.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), Farianda Putra Sinik mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini, sehingga para Kades dapat mengetahui dan memahami apa dan bagaimana itu sebenarnya tugas wartawan.

“Kegiatan sangat bagus, karena ini bagian dari tugas saya, dan kalau bisa kegiatan seperti ini jangan hanya sekali setahun,” harapnya.

Farianda yang diamanahkan sebagai narasumber dalam workshop bersama Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut Muhammad Syahrir, berharap para Kades yang menjadi peserta workshop mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena akan banyak mengulas soal integritas dan profesionalisme wartawan.

“Saya bisa pastikan anggota PWI pasti menaati kode etik dengan baik, kalau ada anggota yang melanggar kode etik laporkan sama kami, sanksinya jelas bisa sampai pencabutan keanggotaan,”tegas Farianda.

Sementara itu, Ketua PWI Tabagsel, Sukri Falah Harahap dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Forkopimda Padangsidimpuan yang mendukung dan hadir dalam kegiatan workshop ini.

“Kegiatan ini merupakan bagian program PWI Tabagsel Tahun 2021, semoga kegiatan ini bermamfaat bagi para Kades, untuk lebih mengenali jurnalistik yang benar sesuai UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” sebutnya.

Turut memberi kata sambutan Ketua DPRD Padangsidimpuan, Siwan Siswanto mewakili Forkopimda Padangsidimpuan. * Hadiansyah Panjaitan