Warga Sukoharjo Dukung Kesuksesan Ganjar Menjadi Presiden 2024

51
Fpto-Ilustrasi-Ist

Sukoharjo-Intipnews.com: Berhasil menunjukkan bagaimana kepedulian yang sangat besar terhadap permasalahan yang dihadapi oleh rakyatnya, warga di Sukoharjo bahkan mengaku terharu serta berkomitmen mendukung kesuksesan Ganjar menjadi Presiden 2024.

Capres dari PDI Perjuangan sekaligus juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku bahwa dirinya siap untuk memberikan fasilitas kepada para pengrajin lukis kulit kambing dengan membuka kembali ekspor yang sempat terganggu karena dampak pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikannya tatkala dirinya mengunjungi para perajin Kelompok Tatah Sungging di Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo pada Selasa (11/7).

Ganjar mengapresiasi karena banyak diantara masyarakat memiliki keahlian di bidang ekonomi kreatif, terlebih dalam pemanfaatan kembali limbah.

“Banyak sekali warga kita memiliki keahlian ya. Jadi ini bagian dari ekonomi kreatif, memanfaatkan limbah, dan limbahnya ini lebih banyak dari kulit kambing ya. Kulit kambing terus kemudian mereka punya keahlian bisa dibikin wayang, lukisan, kaligrafi,” katanya.

Terlebih, ternyata hasil kerajinan dari kelompok itu pernah di kancah internasional dan dipamerkan hingga ke Dubai.

Tidak hanya itu, namun sebelum pandemi COVID-19 melanda, hasil kerajinan Kelompok Tatah Sungging Sikoharjo juga pernah menembus pasar ekspor hingga ke Malaysia, Turki dan Iran.

Sehingga jelas sekali bahwa para pengrajin ini memiliki potensi yang sangat tinggi.

“Hanya memang karena terjadi pandemi, mereka tidak bisa menjual sehebat sebelumnya. Sempat ekspor ke Malaysia, Turki, Iran, tapi sekarang belum ada order lagi. Artinya, ada potensi yang kita bisa bantu untuk meningkatkan kembali,” jelas Ganjar.

Melihat bagaimana tingginya potensi yang dimiliki oleh warga Sukoharjo, kemudian Capres dari PDI Perjuangan itu langsung mendorong agar pasar ekspor di beberapa negara kembali dibuka.

Dirinya pun akan memfasilitasi dengan cara menjalin komunikasi dengan negara-negara tersebut dan menyiapkan sumber daya.

“Nanti coba kami dampingi dan coba komunikasi dengan Malaysia, Turki, dan Iran, untuk kami buka kembali. Kami bisa ngomong dengan duta besarnya. Nanti kami menyiapkan ada berapa perajin, kesulitannya apa, terus kami latih,” paparnya.

Berkat bagaimana kepedulian Ganjar kepada rakyat secara langsung, khususnya warga Sukoharjo, membuat masyaraka di sana banyak sekali yang mendukungnya sebagai Presiden 2024.

Hal tersebut juga setelah bagaimana warga penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH), Windarti mengaku dirinya sangat senang dan terharu mendapatkan bantuan dari Gubernur Jateng itu.

“Jujur haru, senang, alhamdulillah. semoga sukses Pak Ganjar,” katanya.

Dalam pemberian bantuan tersebut, bahkan pemimpin yang identik dengan rambut putihnya itu harus menyusuri jalan setapak sejauh sekitar 200 meter di tengah hutan.

Ganjar juga mendapati sejumlah masalah lain, tidak hanya rumah yang tak layak huni, namun ada juga masalah air bersih da listrik.

Oleh karena itu, dirinya langsung memberikan bantuan dengan bekerja bersama Baznas untuk meringankan beban masyarakat.

“Ternyata ini ada daerah yang cukup terpencil dan agak pelosok, jadi tidak hanya rumah problemnya. Masih ada air, masih ada listrik, maka tadi kami coba dorong untuk yang bangunan RTLH dari Baznas membantu untuk dua rumah di sini,” kata Ganjar.Itp.r