Wawako P.Sidempuan Resmikan Gedung KKP

20
foto :istimewa

Alat Pengelolaan Ubi

Sidempuan-Intipnews.com: Wakil Wali Kota (Wawako) P.Sidempuan, Arwin Siregar (foto) meresmikan Gedung KPP (Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan Rumah Produksi Olahan Ubi di Desa Aek Tuhul, Kecamatan P.Sidempuan Batunadua Kota P.Sidempuan Sumatera Utara, Rabu (9/3/2022).

Selain meresmikan rumah produksi, Wawako Arwin juga menyerahkan bantuan peralatan untuk pengolahan ubi.Dalam sambutannya Arwin Siregar menyampaikan, potensi bahan baku sangat berpeluang tumbuh dan berkembang khususnya di Kota P.Sidempuan,  namun perlu upaya yang serius karena dapat menjadi sumber pendapatan.

“Alhamdulillah pada tahun 2021 yang lalu telah terbentuk kelompok UMKM dalam wadah KPP Rumah Produksi Olahan Ubi Desa Aek Tuhul, dan dalam rangka peningkatan SDM, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota P.Sidempuan telah mengadakan pelatihan olahan dari bahan ubi kepada 15 orang anggota KPP Rumah Produksi Olahan Ubi yang telah mampu untuk berproduksi dengan beberapa jenis varian rasa dari olahan ubi,”ungkap Wawako.

Arwin berharap, bantuan ini nantinya dapat meningkatkan produksi dan menciptakan inovasi dan varian olahan ubi, dan berharap bantuan peralatan ini dapat dijaga dan difungsikan sebaik-baiknya.

Sementara Kadis Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota P.Sidempuan, Ridoan Pasaribu melaporkan, telah memberikan pelatihan kepada Rumah Produksi Olahan Ubi untuk mampu membuat olahan dari bahan ubi termasuk kripik, dan bolu ubi, dengan narasumber/instruktur dari Deli Serdang yang telah melakukan ekspor impor produk olahan ubi.

“Adapun bantuan yang diberikan yaitu tabung gas 12 Kg, 1 unit, Mesin Sortir 1 unit, meja tungku 1 unit, mesin put siler (mesin injak) 2 unit, mesin hand siler 40 cm 1 unit, mesin molen pengaduk bumbu 1 unit, mesin pemotong ubi 1 unit, mesin perajang singkong 3 unit, spinner 1 buah, pisau buah steen leass 12 lusin, ember 6 unit, kuali 1 unit, sendok goreng 3 unit dan peralatan bolu 3 unit,”jelasnya.

Hadiansyah Panjaitan