Wushu Sumut ‘Pecah Telur’, Jatim Tambah Dua Emas

18
Wushu Sumut Pecah Telur dan Jatim Tambah Dua Emas
Ilustrasi atlet Wushu. (Foto: Ist)

MeraukeIntipnews: Wushu Sumatera Utara (Sumut) ‘pecah telur’ mencuri dua emas dari enam yang diperebutkan pada PON XX Papua di GOR Futsal KONI, Merauke, Jumat 1 Oktober 2021. Sementara Jawa Timur (Jatim) menambah dua medali emas cabang olahraga wushu dari nomor taolu kombinasi.

Wushu Sumut membawa pulang emas pertama mereka setelah Harris Horatius meraup poin tertinggi 9,70 di nomor nan gun, diakumulasikan dengan 9,45 dari nan quan demi mengalahkan wakil Jawa Timur William Ajinata yang harus puas dengan medali perak. Medali perunggu nomor kombinasi tangan kosong dan toya putra jatuh ke Septiadi dari DKI Jakarta.

Di nomor kombinasi nan quan/nan dao putri Juwita Niza Wasni melakukan sujud syukur di pinggir lapangan setelah merebut akumulasi poin tertinggi 9,68/9,69 demi mempersembahkan emas kedua bagi Wushu Sumut dan menempatkan kontingen mereka ke peringkat tiga tabel medali sementara.

Atlet Sumatera Utara Wilbert Sanjaya berhak atas perunggu setelah satu wakil DKI Jakarta Erwein Wijayanto, yang berpeluang medali, tidak tampil hari ini. Atlet Pelatnas Nandira Mauriskha harus merelakan emas jian shu/qiang shu putri jatuh ke Zoura Nebulani asal Jawa Barat.

Dengan hasil itu kini Jawa Timur sementara menempati posisi teratas perolehan medali dari cabang wushu dengan total empat emas, unggul satu medali dari DKI Jakarta, yang hari ini hanya mampu menggondol satu emas.

Pertandingan Wushu nomor taolu kombinasi dibuka dengan keberhasilan Edgar Xavier Marvelo membawa pulang medali emas kedua di PON XX Papua setelah mengumpulkan nilai tertinggi di nomor taolu kombinasi dao shu/gun shu.

Atlet DKI Jakarta itu mendapat skor 9,71 di nomor gun shu, sebelum diakumulasikan dengan 9,71 yang ia dapatkan di nomor dao shu pada hari sebelumnya, demi menjadi nilai tertinggi di antara rival-rivalnya untuk emas ketiga bagi DKI. Rekan sesama Pelatnas Seraf Naro Siregar berhak atas perak untuk tim Jawa Timur setelah mengumpulkan nilai 9,70/9,70.