Yogyakarta Tujuan Wisata Mudik Lebaran

7
Yogyakarta Tujuan Wisata Mudik Lebaran
Kapolri saat berkunjung ke Yogjayakarta.(Itp/ist)

 Kapolri: Waspada Kenaikan Covid-19

Yogyakarta–Intipnews. com :  Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan Yogyakarta menjadi salah satu wilayah dengan kasus perkembangan Covid-19 yang dipatau terus, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini.

“Sebentar lagi kita masuk bulan puasa, tentunya akan banyak interaksi, aktivitas masyarakat yang berpotensi meningkatkan positivity rate dan Covid-19 harian,” kata Sigit saat peninjauan vaksinasi di Sleman Yogyakarta dua hari lalu (11/3/2022).

Sigit menuturkan posisi Yogyakarta sebagai destinasi wisata, tujuan mudik lebaran serta pelaksanaan berbagai event internasional membuat potensi konsentrasi massa mudah terjadi di wilayah itu di tengah masih tingginya penularan Covid-19. Sementara, kata Sigit, pemerintah pusat saat ini juga tengah menyiapkan langkah-langkah kebijakan transisi pandemi menjadi endemi dengan mempertimbangkan sejumlah indikator.

 “Syarat-syarat menggeser dari pandemi menjadi endemi itu yang sedang dikejar antara lain pengendalian tingkat kematian, capaian vaksinasi dan angka-angka yang statistiknya perlu dijaga,” ujarnya.

Sigit pun sempat berdialog dengan para warga yang menjalani isolasi mandiri secara virtual saat menyambangi selter terpusat Asrama Haji Sleman. “Kami berterimakasih karena warga yang terpapar Covid-19 bersedia menjalani perawatan di tempat isolasi yang telah disediakan,” kata dia.

Menurut Sigit, kesadaran warga dengan melakukan perawatan di tempat isolasi terpusat tersebut artinya warga ikut berperan aktif memutus mata rantai penyebaran virus dan laju penularan Covid-19 kian dapat dikendalikan. “Karena kecenderungan ketika dirawat di rumah apalagi persyaratan isolasi tidak memenuhi standar, akan meningkatkan risiko terjadinya penularan keluarga,” kata dia.

Sigit menuturkan, di tengah melesatnya penularan varian Omicron di tanah air, berdasarkan data pemerintah pusat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi wilayah dengan progres vaksinasi Covid-19 terbaik di Indonesia. “Yogya masuk rangking teratas vaksinasinya, karena dosis duanya sudah di atas 97 persen, sementara dosis pertama sudah 100 persen,” kata Sigit yang menuturkan Yogya secara umum tinggal menggencarkan vaksinasi dosis ketiganya. (tc.Itp.Dony)