5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

7

Medan-Intipnews.com: Menjadi diri yang lebih baik merupakan mimpi bagi kebanyakan orang di awal tahun baru. Orang-orang menyusun resolusi untuk mencapai perubahan yang diinginkan – mulai dari keinginan menjadi lebih sehat, banyak mengikuti kegiatan kerelawanan, hingga lebih dekat dengan orang tercinta. Meski target yang dibuat dirasa penting, tak sedikit yang akhirnya berhenti sebelum resolusi terwujud. Lalu bagaimana caranya membuat resolusi yang bisa bertahan hingga akhir tahun? 

Berikut 5 tips yang Pita Kuning rangkumkan dari berbagai sumber agar goals kamu di tahun ini tercapai!

1.Pilih Hanya Satu Hingga Dua Resolusi

Saat membuat resolusi, menulis sebanyak-banyaknya hal yang ingin dilakukan memang sangat menarik. Namun, untuk berhasil menjalankan resolusi yang dimimpikan, para ahli menyarankan untuk fokus hanya pada satu hingga dua target. Hal ini karena membangun kebiasaan baru membutuhkan energi  dan waktu. Resolusi yang terlalu banyak hanya akan menghambat pencapaian karena terlalu sulit dan menimbulkan rasa kecewa jika tidak mencapai seluruhnya. 

2.Buat Resolusi yang Spesifik

Agar resolusi bisa menjadi kebiasaan, dibutuhkan target yang detail dan terukur. Sebagai contoh, jika resolusimu adalah rutin berdonasi di tahun ini, maka target yang ditulis bisa berupa “berdonasi setiap satu minggu sekali” (berdonasi tanpa minimal untuk anak kanker di sini). Dengan menulis secara spesifik, resolusi akan lebih mudah terpantau. 

3.Beri Waktu Untuk Membuat Perencanaan

Perencanaan menjadi salah satu kunci untuk menjalankan resolusi. Hal ini meliputi mengetahui hambatan apa saja yang akan terjadi dalam melaksanakan target resolusi. Dengan mempersiapkan diri, kemungkinan resolusi berhenti di tengah jalan akan lebih jarang terjadi. 

4.Mulai Dari Hal yang Kecil

Agar resolusi bisa menjadi kebiasaan jangka panjang, memulai perubahan dari kecil dan meningkat secara perlahan adalah cara yang tepat. Sebagai contoh, jika mengikuti aktivitas kerelawanan adalah cita-cita kamu, maka mulai dengan target ikut kegiatan sosial satu bulan sekali (klik untuk jadi relawan untuk anak dengan kanker di sini).

Cari Support System

5.Terakhir, mendapatkan dukungan dari keluarga, teman, pasangan, atau orang tersayang lainnya bisa menjadi penyemangat ataupun pengingat dalam menjalankan resolusi. Oleh karena itu, support system menjadi penting untuk terwujudnya resolusi. 

Demikian 5 tips dalam membuat resolusi tahun baru. Semoga goals untuk menjadi lebih baik bisa terlaksana di tahun ini. Kunjungi dan follow Instagram Pita Kuning (klik di sini) untuk bantu kamu mencapai target berbuat baik terhadap sesama #LetsDoGoodTogether.Itp.r