AMN Bukti Nyata BIN Optimal Kembangkan SDM Penerus Bangsa

3
Tokoh Akademisi Apresiasi Program AMANAH Dorong Kreativitas dan Ekonomi Pemuda Aceh

Oleh : Marini Elisabet 

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado merupakan sebuah upaya dari Badan Intelijen Negara (BIN) untuk semakin mengoptimalkan pengembangan diri seluruh generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.

Jika pengembangan diri dari para generasi penerus bangsa itu optimal terjadi, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan memiliki korelasi yang sangat positif bagi kemajuan bangsa dan negara.

Bagaimana tidak, pasalnya memang generasi muda saat ini adalah merupakan seorang penerus bangsa, yang mana seperti apa nasib negara ini kelak, akankah menjadi semakin maju atau justru sebaliknya, semuanya berada di tangan mereka.

Hal tersebut menandakan betapa pentingnya peranan generasi muda penerus bangsa bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga secara tidak langsung pun membuat sangat penting keberadaan AMN Manado selaku lembaga atau tempat pengoptimalan pengembangan diri pemuda.

Masih berbicara mengenai upaya untuk meningkatkan pengembangan diri generasi muda penerus bangsa, maka sektor yang sangat penting di dalamnya adalah dunia pendidikan. Oleh karenanya, memang sudah sepatutnya seluruh pihak memberikan dukungan penuh mereka pada upaya untuk menyediakan berbagai fasilitas mumpuni dalam dunia pendidikan.

Salah satu upaya untuk semakin meningkat pengembangan diri para pemuda adalah dengan cara membangun suatu hunian yang memang berbasis pada pengembangan karakter seluruh anak bangsa.

Maka dari itu, kemudian BIN menjadi inisiator dalam pembangunan AMN Manado, yang mana merupakan tindak lanjut atas direktif Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagaimana dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara (BPPW Sulut), Ir. Nurdiana Habibie menerangkan bahwa memang lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut sama sekali tidak main-main dalam pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara.

Keseriusan BIN terlihat dari bagaimana sangat lengkapnya fasilitas dalam AMN Manado, yakni adanya tower yang megah, kemudian gedung pertemuan, ruang serbaguna, lapangan olahraga, taman, akses jalan dan area parkir yang luas.

Keseluruhan desain tersebut juga telah mengikuti bagaimana standar teknis bangunan negara sebagaimana tertuang dalam amanat PP Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung.

Perkembangan pembangunan AMN di Manado saat ini juga terus menunjukkan hasil yang positif. Terkait hal itu, Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Bekti menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas AMN di Manado terus berproses. Tak hanya itu, Kementerian PUPR bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan pembangunan AMN Manado adalah sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa di Indonesia dari beragam latar belakang.

Para mahasiswa yang berasal dari berbagai suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan berasal pula dari berbagai daerah hingga pelosok Nusantara serta berbagai macam perguruan tinggi, seluruhnya memiliki hak yang sama untuk bergabung dan mendapatkan fasilitas memadai dalam AMN Manado.

Pemberian seluruh fasilitas yang sangat memadai dari Asrama Mahasiswa Nusantara itu bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) muda yang memiliki kualitas, berintegritas dan berkarakter kebangsaan kuat.

Di sisi lain, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Steve HA Kepel memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi semua pihak yang telah turut andil secara aktif dalam pembangunan dan realisasi AMN Manado, termasuk khususnya BIN.

Pembangunan AMN yang sebelumnya juga sudah sangat sukses berjalan di Kota Pahlawan Surabaya, kemudian saat ini di Manado dan nantinya akan terus berlanjut hingga di beberapa titik seperti Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang bukan sekedar menjadi bangunan fisik semata, namun menjadi simbol komitmen yang sangat kuat dari BIN untuk pembangunan kualitas SDM.

Melalui keberadaan AMN Manado, penciptaan lingkungan yang sangat kondusif tersebut khususnya memang menyasar kepada seluruh mahasiswa dari berbagai macam daerah di Indonesia sehingga mereka bisa terus belajar, kemudian meningkatkan karya serta kreasinya dan saling berkolaborasi.

Apabila generasi muda penerus bangsa yang berasal dari latar belakang yang saling berbeda tersebut bisa terus bersatu dan hidup rukun berdampingan dalam satu atap, maka tentunya mereka juga belajar bagaimana caranya menghargai budaya masing-masing, menjaga kerukunan, kekompakan dan bisa memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI.

Dalam rangka semakin memaksimalkan upaya dalam pengoptimalan pengembangan diri generasi muda penerus bangsa, BIN selaku inisiator AMN Manado juga mengajak kerja sama beberapa pihak lain yang berkompeten, seperti Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek dan juga perguruan tinggi setempat.

Upaya BIN dalam mengoptimalkan pengembangan diri para generasi penerus bangsa memang sangat serius dan sama sekali tidak main-main. Hal tersebut secara sangat nyata terwujud dengan keberadaan AMN Manado yang di dalamnya memfasilitasi anak muda untuk jauh lebih berkembang dengan banyaknya pelatihan.

Mahasiswa Manado Tinggal di Surabaya