AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

13

Oleh : Henly Wangko

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil sebagai agen perubahan untuk membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kebangkitan etos dari para pemuda di Tanah Air merupakan hal yang sangat penting, terlebih ketika penerus generasi bangsa tersebut mampu menjadi para cendekia yang cerdas dan juga terhormat serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan dasar negara. Karena dengan menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, maka para pemuda tersebut benar-benar bisa tampil sebagai seorang agen perubahan yang membawa banyak sekali dampak poasitif untuk negeri ini. Seluruhnya dapat diraih dengan bergabung dalam AMN Manado.

Gedung yang dibangun di atas tanah hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara seluas lima hektare itu merupakan sebuah rumah bagi para mahasiswa yang berasal dari seluruh pelosok negeri dan dari berbagai macam latar belakang yang saling berbeda, mulai dari berbeda suku, budaya, adat, ras dan sebagainya di Indonesia.

Mereka semua berkumpul dalam satu atap, yakni AMN Manado demi meraih cita-cita mereka setinggi mungkin menjadi sosok pemuda yang berguna bagi nusa dan bangsa. Bukan hanya itu, namun para generasi muda penerus bangsa itu juga akan mampu mengabdi pada negeri ini dan ditanamkan kesetiaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai rumah bersama seluruh pemuda dari berbagai latar belakang yang saling berbeda, dalam Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu para mahasiswa tersebut akan diajarkan bagaimana mengamalkan ideologi berdasarkan nilai falsafah negara, yakni Pancasila dan menerapkan konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara seutuhnya.

Seluruh insan muda dan mudi di negeri ini akan mengasah semua ilmu dan keahlian mereka serta terus menggelorakan semangat nasionalismenya untuk terus memperkuat persaudaraan dalam keberagaman. Adanya AMN Manado tersebut akan menjadikan para putra dan putri anak bangsa bersiap untuk mengabdi bersama dan menjadi insan yang jauh lebih kuat demi Indonesia agar semakin jaya ke depannya.

Sebagai informasi bahwa Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu merupakan sebuah program beasiswa yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara Repulik Indonesia (BIN RI) untuk semakin mempersatikan para mahasiswa dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama yang mereka semua juga berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

Pembangunan gedung tersebut berdasarkan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Terbentuknya AMN Manado memang bertujuan untuk membangun rasa cinta para pemuda kepada bangsa dan negara mereka, khususnya dari kalangan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi seluruh wilayah NKRI dan juga mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) muda yang berkualitas tinggi, berintegritas dan berkarakter kebangsaan.

Motto AMN sendiri yakni mendidik para pemuda untuk menjadi para cendekia yang cerdas, terhormat, namun rendah hati dan tetap bijaksana agar semakin berguna bagi kemajuan bangsa ini.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut), Steve Kepel menjelaskan bahwa dengan keberadaan bangunan yang diinisiasi oleh BIN tersebut bukan hanya sekedar menjadi tempat tinggal bagi para mahasiswa saja, namun juga sekaligus menjadi sebuah laboratorium sosial, intelektual dan kewirausahaan bagi mereka. Sehingga nantinya AMN Manado tidak hanya sekedar bisa mencetak para mahasiswa yang cerdas secara akademis saja, melainkan mereka juga akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Menjadi sangat penting untuk mendidik para pemuda penerus generasi bangsa agar mereka mampu menjadi pelopor pada jamannya masing-masing sehingga membangun komitmen kolektif bangsa untuk terus bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalismenya di tengah bagaimanapun modernisasi atau dampak globalisasi menyerang.

Bangsa Indonsia sangat memerlukan adanya berbagai figur dari pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan juga berprestasi. Karena keberadaan generasi muda yang cerdas itu ditandai dengan adanya sosok pemuda yang memiliki kemampuan untuk berinovasi dan memiliki kreativitas tinggi serta bisa menghadapi berbagai macam persoalan yang mereka hadapi.

Upaya untuk mewujudkan sosok pemuda bangsa yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi tersebut merupakan komitmen sangat kuat dari BIN untuk memanifestasikan semangat dan jiwa para penerus generasi bangsa.

Seperti kata-kata dari Bung Karno, yakni “berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia” maka hal tersebut bermakna bahwa peranan dari generasi muda di masa sekarang merupakan hal yang sangat krusial. Mereka menjadi tulang punggung bangsa dalam mengisi kemerdekaannya.

Tidak mengherankan mereka para pemuda dituntut untuk bisa menjadi sosok yang kreatif, tangkas, dan cerdas dalam menyikapi seluruh persoalan di sekitarnya. Dengan adanya AMN Manado, sangat membantu dalam upaya membangkitkan etos para pemuda itu agar mereka mampu menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat.

Mahasiswa Universitas Prisma Manado