AMN Manado Bantu Generasi Muda Raih Mimpi Besar

8

Oleh : Alvian Manopo 

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado siap membantu seluruh generasi muda penerus bangsa untuk bisa meraih mimpi besar mereka dan mengharumkan nama Indonesia hingga kancah dunia.

Tentunya sebagai kaum muda, pastinya memiliki banyak sekali angan-angan atau mimpi besar yang ingin tercapai kelak di kemudian hari. Maka dari itu, menjadi sangat penting pula bagi mereka dalam memilih lembaga tempat kaderisasi yang terbaik untuk membimbing mereka.

Dalam hal ini, tentunya Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado menjadi salah satu tempat kaderisasi terbaik yang bukan hanya sekedar merupakan gedung asrama semata, namun di dalamnya, generasi muda penerus bangsa akan mendapatkan banyak bimbingan dan pelatihan agar mereka bisa meraih seluruh mimpi besarnya.

Untuk mampu sukses meraih mimpi besar tersebut, seluruh anak muda tentunya harus bekerja dengan sangat keras dan tekun agar apa yang mereka harapkan tercapai dengan maksimal. Sebab, tidak akan ada sebuah kesuksesan tanpa kerja keras yang konsisten.

Menyadari betapa pentingnya peran para pemuda sebagai penerus generasi bangsa di masa yang akan datang, Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) kemudian menginisiasi pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN Manado) untuk membuka lebar kesempatan belajar kaum muda.

Banyak sekali bimbingan dan pelatihan yang sangat berguna, termasuk untuk mewujudkan berbagai macam inspirasi untuk para pemuda agar mereka siap menghadapi banyaknya tantangan yang terjadi di masa mendatang dengan mengambil peluang dalam kondisi apapun.

Sebagaimana diketahui keberhasilan pembinaan kepada para generasi muda penerus bangsa dalam AMN sebelumnya, yakni di Kota Pahlawan Surabaya terus menjadi inspirasi untuk para pemuda yang lainnya.

Seluruh pihak juga memiliki kewajiban serta tanggung jawab yang sama besarnya untuk memberikan dampak positif bagi pembangunan karakter pemuda agar mereka bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Terlebih, dengan adanya didikan yang optimal dari Badan Intelijen Negara melalui program tersebut, menjadikan pula mereka bisa memperjuangkan mimpi besar mereka dalam meraih kesuksesan.

Pembangunan AMN Manado sendiri merupakan rancangan Pemerintah Pusat bersama dengan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) yang telah tertuang melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 bersama dengan sejumlah lembaga dan kementerian lainnya seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut), Kementerian PUPR, Kemendikbud Ristek hingga Kemenpora.

Mengenai pengadaan Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa hal itu telah sangat sesuai dengan kondisi keanekaragaman yang terdapat dalam bangsa ini, mulai dari beragamnya suku, ras dan agama.

Sebenarnya keragaman yang sangat luar biasa milik negeri ini, apabila mampu terkelola dengan baik, tentunya akan menjadi bahan kekuatan yang sungguh sangat luar biasa semakin memperkokoh seluruh elemen bangsa agar tidak mudah tergoyahkan menghadapi berbagai macam tantangan apapun termasuk tantangan dunia.

Untuk itu, menjadi sangat penting adanya AMN Manado agar para pemuda penerus generasi bangsa mampu saling mengenal satu sama lain, kemudian mereka juga bisa saling mengetahui keberagaman adat dan budayanya masing-masing serta bisa hidup rukun berdampingan hingga membina kekompakan.

Karena jika seluruh generasi muda suatu bangsa bisa hidup saling rukun berdampingan meski di tengah perbedaan yang sangat luar biasa, tentunya negara tersebut tidak akan mudah untuk teradu domba oleh pihak manapun bahkan dengan cara apapun. 

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI), Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan selaku inisiator pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara menyebutkan bahwa di dalam gedung tersebut telah banyak sekali memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang sangat modern.

Beberapa diantara fasilitas modern dari AMN Manado adalah adanya ruang komunal, klinik kesehatan hingga ruang server and security sehingga dapat semakin memotivasi para kaum muda untuk berkontribusi secara aktif dan positif untuk membangun daerah asal mereka.

Para mahasiswa yang berasal dari berbagai macam wilayah di pelosok negeri itu terus dipersiapkan untuk menjadi pelopor dan motivator yang mampu mengeluarkan semangat persatuan akan cinta terhadap Tanah Air mereka sendiri untuk membangun daerahnya masing-masing agar semakin maju berkembang sehingga mereka juga mampu meraih seluruh mimpi besarnya.

Semua mahasiswa yang tinggal dalam AMN Manado akan mendapatkan beasiswa melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berupa biaya pendidikan, uang buku, biaya hidup, termasuk di dalamnya uang transport, uang saku, uang makan serta biaya pembinaan. Mereka akan tinggal dalam asrama selama dua tahun dan mendapatkan beasiswa selama empat tahun lamanya.

Sangat penting untuk terus menyediakan adanya program yang sanggup membantu para generasi muda penerus bangsa dalam meraih seluruh cita-cita serta mimpi besar mereka. Bergabung ke dalam AMN Manado merupakan salah satu cara terbaik untuk semakin mendekatkan diri pada kesuksesan meraih mimpi besar tersebut.

Penulis adalah mahasiswa Universitas Katolik De La Salle