Belanja Masyarakat Sentuh Titik Nadir Di Pekan Ketiga Ramadhan, Harga Pangan Akan Turun?

12

Medan-Intipnews.com: Dari hasil pengamatan dalam beberapa tahun terakhir. Pekan ketiga ramadahan akan jadi pekan yang paling sedikit belanja masyarakat dibandingkan dengan pekan lainnya selama Ramadhan. Ada penurunan konsumsi yang beragam jika dipantau lewat pedagang pengecer. 

Hal ini diungkapkan Ketua Pemantau Pangan Sumatera Utara Gunawan Benjamin (Foto) melalui pers rilis, Kamis (21/3/2024). 

Namun, Ia mengungkapkan, angkanya juga relatif kecil, 5% hingga 10% untuk pembelian sejumlah kebutuhan pangan di pekan ketiga Ramadhan.

“Sehingga bisa saja sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami penurunan saat konsumsi berada di titik nadir selama bulan Ramadhan,”jelasnya.

Namun, penurunan tersebut akan sangat tergantung dari seberapa banyak pasokan yang akan tersedia nantinya. Dari hasil observasi, pasokan pangan hortikultura ini yang sulit dikendalikan.

Artinya sulit bagi petani atau produsen untuk mengkondisikan seberapa besar pasokan yang seharusnya disediakan, terlebih jika petani ingin mendapatkan keseimbangan harga di level tertentu. 

“Saya menilai bahwa komoditas sayur-sayuran seperti cabai, tomat, kentang, kol dan sayuran lainnya berpeluang turun di pekan ketiga nanti,”pungkasnya.

Sementara itu Ia mengatakan, untuk konsumsi daging maupun telur ayam meskipun juga diproyeksikan akan melemah. 

Lanjutnya, harga diproyeksikan akan tidak beranjak jauh dari level saat ini, dengan kecenderungan harga mengalami penurunan. Saya memperkirakan cabai akan turun dalam rentang 3.000 hingga 5.000 per Kg nya. Jadi kalau saat ini cabai merah ditransaksikan dikisaran 35 ribu, maka tinggal dikurangi.

“Untuk harga kentang diproyeksikan akan turun 2.000 per Kg, dari posisi saat ini yang masih dijual dikisaran 18 hingga 20 ribu per Kg. Tomat diperkirakan akan turun 2 hingga 3 ribu per Kg. Dan sejauh ini, harga tomat super 18 ribu per Kg nya. Sementara harga daging ayam diproyeksikan akan relatif stabil dengan potensi turun maksimal 2.000 per Kg, dan berpotensi naik sekitar 1.000 rupiah per Kg,”sebutnya.

Telur ayam berpeluang untuk turun tipis 50 hinjgga 100 rupiah per butir. Bawang merah dan bawang putih akan bergerak relatif stabil dengan flukuasi naik turun dalam rentang 1.000 hingga 2.000 per Kg nya. Sementara gula pasir, minyak goreng, dan beras diperkirakan stabil.  Namun, perkiraan tersebut hanya berlaku disekitar pekan ketiga Ramadhan saja. Di pekan keempat konsumsi akan kembali mengalami kenaikan, dan harga akan mencari titik keseimbangan baru nantinya.Itp05/r