BIN Hadirkan Lingkungan Belajar Kondusif Melalui AMN

5

Oleh: Januar Dominicus 

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berkomitmen kuat untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Tanah Air. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan suatu lingkungan belajar yang sangat kondusif melalui Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado.

Kualitas atau mutu pendidikan tinggi di Indonesia sendiri merupakan salah satu kunci penting untuk membangun bangsa ini menjadi semakin maju ke depannya. Hal tersebut lantaran dengan adanya pendidikan tinggi yang berkualitas, maka sudah tentu turut serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) muda negeri ini.

Kiat untuk menghadirkan peningkatan mutu atau kualitas dari pendidikan tinggi tersebut adalah salah satunya dengan menciptakan sebuah lingkungan belajar dan mengajar yang sangat kondusif bagi anak muda.

Ketika lingkungan belajar dan mengajar sangat kondusif, maka generasi muda penerus bangsa juga akan semakin maksimal serta optimal dalam menuntut ilmu, yang mana nantinya akan sangat berguna bagi kemajuan Indonesia.

Memang peranan dari generasi muda menjadi sangat penting, karena kelak nanti mereka akan menjadi penerus estafet kepemimpinan generasi saat ini. Di tangan para pemuda itu bagaimana nasib bangsa berada, apakah akan mampu menjadi negara yang maju dan sejahtera atau justru sebaliknya.

Karena betapa pentingnya peranan dari generasi muda selaku penerus bangsa tersebut, kemudian Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui BIN menginisiasi pembangunan AMN, yang mana sebelumnya telah sukses besar di Kota Pahlawan Surabaya, kemudian kini di Manado dan ke depan akan terus berlanjut hingga ke berbagai wilayah seperti Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang.

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan menyebutkan bahwa kehadiran AMN memang menjadi pusat lahirnya calon pemimpin bangsa yang akan datang. Seluruh generasi muda penghuni AMN Manado akan mendapatkan banyak didikan dan pelatihan sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa yang memiliki daya saing tinggi, semangat bela negara, rasa kebangsaan kuat dalam bingkai NKRI, serta terus setia pada Pancasila dan Konstitusi UUD 1945.

Hingga saat ini, Perkembangan pembangunan AMN di Manado juga terus menunjukkan hasil yang positif. Terkait hal itu, Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Bekti menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas AMN di Manado terus berproses. Tak hanya itu, Kementerian PUPR bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra.

Pembangunan AMN di Manado tersebut merupakan wadah untuk semakin mempersatukan seluruh pemuda, khususnya mereka yang sedang menempuh jenjang pendidikan tinggi atau sebagai mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh pelosok daerah.

Berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama yang berasal dari berbagai perguruan tinggi turut bersatu padu dalam AMN Manado. Sehingga hal tersebut menciptakan adanya perpaduan yang sangat kaya dan luar biasa.

Sementara itu, Wakapokja AMN Manado dari BIN, Idham Malik juga menilai bahwa pembangunan gedung yang berdiri di atas tanah seluas 5 hektar tersebut memang untuk mempersatukan seluruh generasi muda bangsa yang berada di Indonesia dengan tujuan agar mereka mampu saling menghargai.

Keberagaman budaya di Tanah Air memang sangatlah tinggi, sehingga sudah sepatutnya masyarakat, bahkan sejak mereka berusia muda harus memiliki pemahaman yang baik untuk mampu saling menghargai, termasuk menjaga kerukunan, kekompakan dan terus memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI.

Hadirnya lingkungan belajar yang kondusif bagi seluruh generasi muda tersebut, tidak hanya BIN lakukan sendiri, melainkan juga menggandeng berbagai pihak lainnya seperti Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek hingga melibatkan peranan aktif perguruan tinggi setempat.

Menurut Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Steve HA Kepel bahwa peran serta dari banyak pihak dalam pembangunan dan untuk menyukseskan AMN Manado tersebut patut mendapatkan apresiasi sangat tinggi.

Dengan adanya dukungan penuh dari semua pihak, termasuk kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder lokal jelas menjadi kunci keberhasilan mewujudkan pendidikan tinggi berkualitas dan bermutu.

Terlebih, pembangunan AMN di Manado sendiri sejatinya bukanlah sekedar bangunan fisik semata, namun sekaligus sebagai simbol betapa kuatnya komitmen BIN terhadap pembangunan SDM khususnya generasi muda.

Melalui keberadaan AMN Manado, Pemerintah mengutus BIN sebagai inisiator untuk menciptakan suatu lingkungan yang sangat kondusif bagi semua mahasiswa dan mahasiswi demi peningkatan kualitas belajar mereka.

Tidak hanya belajar, namun dalam AMN seluruh pemuda juga bisa melangsungkan berbagai macam kegiatan sangat positif lainnya seperti berkarya, berkreasi dan berkolaborasi bersama.

Bantuan BIN pada peningkatan mutu dan kualitas dari pendidikan tinggi melalui AMN Manado jelas merupakan sebuah langkah konkret yang sama sekali tidak main-main. Adanya lingkungan belajar yang sangat kondusif kepada para mahasiswa jelas akan sangat membantu bagi kemajuan bangsa.

 Penulis adalah kontributor Digital Literasi