BIN Inisiasi Pembangunan AMN di Manado sebagai Simbol Pemersatu Anak Bangsa

6
Program AMANAH Wujudkan Pemuda Cerdas dan Ekonomi Berkelas

Oleh: Bimo Ariyan Beeran

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia menginisiasi pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang terletak di Manado sebagai bentuk simbol akan pemersatu seluruh anak bangsa di Tanah Air.

Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan AMN Badan Intelijen Negara Wakil Ketua Pokja Idham Malik mengungkapkan bahwa pembangunan di Manado tersebut merupakan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara kedua dari sebanyak total 6 AMN yang rencananya akan dibangun di seluruh Indonesia oleh BIN.

Landasan utama dari adanya pembangunan AMN tersebut yakni didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara yang memang akan dibangun di sebanyak 6 lokasi.

Diketahui bahwa sebelumnya, Asrama Mahasiswa Nusantara juga telah sukses diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara di Kota Pahlawan Surabaya, yang mana gedung tersebut sudah diresmikan sejak tanggal 29 November 2022 lalu secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian selanjutnya, perencanaan pembangunan AMN oleh BIN akan terus dilanjutkan hingga di beberapa lokasi lain di Tanah Air seperti Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Malang hingga Makassar.

Adapun tujuan utama dari pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara itu sendiri yakni sebagai sebuah wadah untuk semakin mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi di berbagai daerah di seluruh pelosok Nusantara termasuk di dalamnya terdapat mahasiswa asli Papua.

Sehingga, nantinya dengan adanya wadah berupa AMN tersebut, maka diharapkan mereka semua akan dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing yang saling berbeda serta tetap dapat menjaga kerukunan kekompakan guna memperkuat hubungan antar anak bangsa itu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Senada, Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Essy Asiah turut menyampaikan bahwa pembangunan AMN itu memang sebagai wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, budaya, agama yang berasal dari berbagai daerah pula di Indonesia.

Maka dari itu, sangat penting bagi seluruh masyarakat di Indonesia untuk turut serta dalam mendukung penuh kesuksesan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu, yang mana juga merupakan salah satu infrastruktur direktif dari Presiden RI.

Sebagai informasi bahwa peraturan pelaksanaan pembangunan AMN di Manado sendiri dilaksanakan kurang lebih sekitar 8 bulan, sehingga dalam waktu kurang dari 8 bulan itu, tentunya pihak BIN berkomitmen untuk bisa menyelesaikannya dengan sangat baik. Sehingga memang semua pihak penting untuk mampu mengawal bersama-sama pekerjaan tersebut karena dibutuhkan adanya sinkronisasi agar pembangunan itu dapat berjalan dengan optimal, tepat waktu, tepat mutu, tepat pembiayaan dan tepat administrasi.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Nurdiana Habibie menyebutkan bahwa dalam proses pembangunannya AMN Manado akan dilaksanakan dengan pembiayaan multi years contract (MYC) T. A 2023-2024 dan direncanakan akan mampu selesai pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Untuk ruang lingkupnya sendiri, pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado terdiri dari pekerjaan tower asrama putra, tower asrama putri, gedung pertemuan, ruang serba guna, lapangan olah raga, taman, akses jalan dan area parkir. Sementara mengenai desainnya digunakan mengikuti standar teknis pembangunan negara sebagaimana amanat dari PP Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 28 tahun 2022 tentang bangunan gedung.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Steve Kepel pun berharap agar ke depannya Gedung AMN itu dapat memberikan andil dalam pembangunan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya.

Bukan hanya sekedar pekerjaan fisik berupa pembangunan gedung saja, melainkan Asrama Mahasiswa Nusantara itu juga menjadi simbol komitmen Badan Intelijen Negara terhadap pembangunan SDM. Karena melalui pembangunan AMN sendiri, akan bisa menciptakan sebuah lingkungan yang sangat kondusif bagi para mahasiswa dari berbagai macam daerah di Indonesia untuk belajar, berkreasi dan berkolaborasi.

Pembangunan AMN di Manado itu merupakan langkah yang signifikan dalam mendukung penuh visi BIN dalam menciptakan generasi muda yang unggul serta nantinya mereka akan siap bersaing pada tingkat nasional bahkan bisa bersaing pula pada taraf internasional.

Dalam pembangunan Asrama Mahasiwa Nusantara itu diharapkan pula dapat menerapkan teknologi yang ramah terhadap lingkungan sebagai wujud akan pelestarian alam. Sehingga dengan demikian, nantinya pekerjaan pembangunan itu bisa menjadi contoh dari berbagai macam proyek lainnya di masa depan dalam menghargai dan melestarikan lingkungan.

Sebagai bentuk wujud nyata akan simbol pemersatu bagi seluruh anak bangsa di Indonesia, Badan Inteljien Negara (BIN) menginisasi pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Manado.

Kontributor Ruang Baca Nusantara