Bupati Toba Berpesan Panwascam yang Dilantik untuk Berkolaborasi

11

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Drs Augus Sitorus berpesan agar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)  yang telah dilantik dapat berkolaborasi dengan semua pihak demi terselenggaranya  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sehat dan sesuai dengan kehendak masyarakat. 

Pesan ini disampaikan Drs Augus Sitorus dalam sambutannya pada pelantikan dan pengambilan Sumpah Janji (FOTO)  yang dilaksanakan di Ball Room Sere Nauli Hotel, Laguboti, Kabupaten Toba pada Jumat (24/5/2024). 

“Kita harus berkolaborasi antara Bawaslu, Panwascam hingga ke tingkat desa. Demikian juga dengan KPU dan lembaga lain. Jangan sampai ada pengaduan-pengaduan yang tidak ditindaklanjuti. Kami percaya tugas ini bisa bapak-ibu emban,” kata Sekda. 

Beliau menambahkan bahwa apa yang menjadi tugas, hak dan kewajiban para Panwascam dapat terlaksana sesuai aturan. Karena itu, Panwascam yang telah dilantik harus segera menyusun rencana kerja sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. 

“Sejak pelantikan ini bapak-ibu sudah mempersiapkan segala bentuk persiapan tahapan Pilkada, agar tahapan ini berjalan lancar maka semua harus mempedomani Undang-Undang dan semua aturan, jangan sampai ada pelanggaran-pelanggaran hingga ke tingkat desa,” katanya.

Adapun 48 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dilantik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba . Mereka akan bertugas untuk Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 .

Sementara, Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani kepada para Panwascam yang dilantik agar menjaga nama baik Bawaslu sebagai salah satu lembaga penyelenggara Pemilu dan Pilkada. Dianya menyebut bahwa berbagai aturan, termasuk Undang-Undang Pilkada berbeda dengan Undang-Undang Pemilu yang telah selesai digelar pada Februari lalu. Karena itu ia meminta agar Panwascam yang telah dilantik benar-benar mempelajari dan memahami aturan yang telah ditetapkan, mulai Undang-Undang, Perbawaslu bahkan termasuk PKPU. 

“Bapak-Ibu Panwascam yang baru dilantik, saya selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Toba meminta agar Bapak-Ibu menjaga nama baik Bawaslu dari tingkat Kecamatan hingga Desa,” ujarnya. 

Sahat juga menegaskan bahwa Pakta Integritas yang telah diucapkan tidak hanya sekadar slogan, namun harus benar-benar dijalankan. 

“Saya berharap bahwa Pakta Integritas yang telah saudara-saudara ucapkan benar-bener terjadi. Jabatan yang saudara emban bukan untuk gagah-gagahan,” pesannya kepada para Panwascam. Itp Mantap