Bupati Toba Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Taman Bacaan Desa Simatibung, Laguboti

8

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc mengapresiasi  dan  mengucapkan terima kasih  kepada Keluarga besar gompar (keturunan) Patuan Hutahaean yang memberikan hibah sebidang tanah untuk lokasi pendirian Gedung Taman Bacaan Desa.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya pada Acara Peletakan Batu Pertama Gedung Taman Bacaan Desa Simatibung (FOTO), Kecamatan Laguboti, Senin (10/6/2024).

Menurut Bupati, dukungan masyarakat ini merupakan bukti Pemerintah Desa melalui  dana desa dan masyarakat ikut menyelaraskan  pembangunan bidang pendidikan, dimana menjadi salah satu prioritas setelah bidang pariwisata dan pertanian.

” Aek Godang tu Aek Lau ,Dos ni Roha Sibaen na Saut,” kata Poltak Sitorus dalam umpasa Batak. Umpasa ini berarti kesatuan hatilah menjadikan keinginan terwujud.

Bupati berharap fasilitas gedung Taman Bacaan ini nantinya menjadi tempat masyarakat terutama pelajar untuk menimba ilmu pengetahuan sehingga kelak dari Desa Simatibung akan menghasilkan orang yang sukses di masa mendatang.

Selain itu pada kesempatan ini, kepada kelompok tani setempat diserahkan juga saru unit  traktor tangan dan saru unit mesin pompa air. Tujuannya sebagaimana laporan Plt .Kadis Pertanian Jonni Hutajulu SP adalah untuk mendukung usaha tanam dua kali panen dua kali di daerah ini.

Bupati berharap warga  petani memanfaatkan alat ini dengan sebaik-baiknya. Beliau pun mengajak warga menggalakkan usaha beternak,karena bisa juga menghasilkan pupuk kompos.

Mengenai permintaan warga melalui BPD Simatibung tentang perbaikan jalan menuju desa, akan segera dilakukan penyisipan ruas jalan yang rusak parah dan seterusnya akan direncanakan pada tahun anggaran mendatang.

Tokoh masyarakat Simatibung, Patuan Hutahaean menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran langsung Bupati Poltak Sitorus di desa mereka.Masyarakat bersyukur saat ini pembangunan gedung dapat dimulai.Diinformasikan bahwa rencana pembangunan Taman Bacaan ini sudah lama, namun terhalang karena situasi pandemi Covid-19.

Hadir Asisten Pemerintahan Eston Sihotang Spd, Plt Kadis PMD PPA Sergius Gultom SE, Plt Kadis PUPR Sofyan Sitorus ST,Camat Laguboti Aprilla Nessy Tampubolon,Kades Simatibung Ahmad Bastian Hutahaean, dan lainnya. Itp Mantap