Daftar dan Ikuti Program AMANAH untuk Optimalkan Bisnis Model Digital Kekinian

5
Oplus_131072

Oleh: Syahida Rani

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat mampu terus mendorong pengoptimalan akan bisnis model secara digital kekinian bagi seluruh generasi penerus di wilayah berjuluk Negeri Rencong tersebut. Maka dari itu, akan sangat banyak sekali kebermanfaatan, utamanya bagi mereka yang ingin terus belajar mengenai pemanfaatan teknologi terkini dengan mendaftar dan mengikuti AMANAH.

Pasalnya, di dalam program inisiasi Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) tersebut sangat banyak sekali jenis pelatihan, bimbingan hingga binaan bermanfaat untuk terus mengembangkan anak muda agar mereka lebih melek akan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi yang pada jaman sekarang ini seluruhnya telah berbasis dunia digital.

Termasuk juga, pada jaman saat ini, perkembangan bisnis turut merambah dunia digital dengan sangat signifikan. Menjadikan siapapun harus mampu mengikutinya, karena jika tidak, maka tentu akan menjadi terus tertinggal.

Dalam hal ini, upaya dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan selaku inisiator Program AMANAH terealisasi dengan sangat nyata dan serius, karena melalui giat tersebut, menjadikan seluruh anak muda di Aceh bisa mengalami perkembangan sehingga mereka tidak tertinggal, termasuk dalam dunia yang serba digital seperti sekarang.

Maka dari itu, banyak sekali langkah dan upaya yang terus BIN dorong melalui Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat, yang mana salah satunya yakni dengan terus menginspirasi serta memberikan motivasi kepada para pemuda setempat.

Banyak sekali pelatihan sangat bermanfaat bagi mereka semua telah hadir, yang mana menjadikan anak muda Aceh mampu memanfaatkan perkembangan serta kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi.

Pelatihan yang Program AMANAH berikan adalah berupaya untuk mendorong generasi muda dari daerah berjuluk Serambi Mekkah itu supaya mereka mampu secara baik dan optimal dalam mengelola kemajuan jaman sehingga nantinya berdampak pada terdorongnya peningkatan kesejahteraan termasuk untuk wilayahnya.

Melalui Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat, para pemuda itu mendapatkan banyak pelatihan mengenai berbagai macam model bisnis yang sangat relevan pada jaman mereka saat ini seperti salah satu contohnya, yakni bisnis dropshipping yang memungkinkan mereka untuk berjualan barang apapun dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yakni melalui internet atau dunia digital.

Pemerintah RI melalui BIN selaku inisiator program tersebut berupaya untuk menjadikan para generasi muda penerus bangsa di wilayah tersebut bisa mendapatkan akses pelatihan, bimbingan dan binaan serta mereka juga bisa terinspirasi untuk terus ke dalam dunia bisnis media sosial, salah satunya yakni sebagai seorang content creator.

Sebagai informasi, bahwa pada jaman sekarang ini, memang bisnis di media sosial tengah sangat berkembang pesat, yang bahkan memungkinkan anak muda itu mengalami peningkatan kesejahteraan atau taraf hidup. Mereka bisa menjadi seorang youtuber, selebgram hingga tiktokers.

Inisiasi BIN untuk merealisasi Program AMANAH merupakan bentuk nyata dari kepedulian Pemerintah. Pasalnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat berjanji tatkala dirinya berkunjung dan bertemu milenial Aceh pada tahun 2023 lalu.

Keberadaan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut mampu menjadikan para pemuda asal wilayah berjuluk Negeri Rencong itu meningkatkan kemandirian, kompetensi dan profesionalisme menjadi pelaku wirausaha atau enterpreneur muda melalui banyaknya pelatihan.

Mereka akan terus mendapatkan berbagai ilmu terkait dengan bagaimana cara mengelola dan memasarkan produk secara digital, termasuk juga memanfaatkan perkembangan tekonologi dalam pengembangan usaha anak muda itu.

Beberapa bidang terus mendapatkan peningkatan secara optimal lantaran keberadaan Program AMANAH, seperti halnya pada bidang kreatif, riset dan teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, pendidikan, literasi, budaya dan juga bahasa.

Sementara itu, dengan adanya dorongan sangat maksimal tersebut, menjadikan aktor sekaligus penyanyi nasional, Syakir Daulay juga turut memberikan dukungan penuhnya kepada beragam produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) anak muda Aceh untuk terus bersaing bahkan hingga kancah internasional.

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) sendiri mengadakan kegiatan pameran UMKM selama tiga hari, yakni dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024 di Suzuya Mall, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan program binaan BIN itu, termasuk juga mempromosikan berbagai macam produk hasil kreativitas dan inovasi dari para pelaku UMKM binaan AMANAH hingga kancah dunia.

Banyak sekali produk dalam pameran tersebut seperti kerajinan tangan, minyak wangi, makanan dan minuman serta produk fashion berkualitas tinggi. Sehingga bukan tidak mungkin dengan adanya pameran itu, menjadikan titik awal bagi kemajuan UMKM Aceh di masa mendatang.

Dengan mandaftar dan mengikuti Program AMANAH, maka tentunya para anak muda Aceh akan mendapatkan banyak sekali hal serta dampak sangat positif. Beberapa contohnya yakni mereka akan mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana cara untuk mengoptimalkan bisnis model digital yang sangat kekinian demi mengikuti perkembangan jaman.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh