Daling-Daling Chess Club Laguboti Gelar Pertandingan Catur Antar Desa 

119

Toba-Intipnews.com : Olah raga catur mengajarkan kita ,melangkah untuk hati-hati , melatih memori menjadi tajam serta menjadi ilmu strategi meraih kemenangan.Disamping itu untuk bersosialisasi dan bisa mengatasi stres menjadi happy atau senang.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc saat membuka Turnamen Catur Daling-Daling Chess Club (FOTO) antar Desa se-Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba di Kantor Sekretariat Catur, Jln. Sisingamangaraja Kelurahan Pasar Kecamatan Laguboti, tadi padi, Jumat (21/6/2024).

“Jadi saya mau belajar strategi main catur  dari bapak- bapak, misalnya mana buah yang duluan dimainkan,” kata Poltak Sitorus.

Olah catur itu ,lanjut Bupati, mengajarkan setiap langkah kita harus kita perhitungkan supaya kita jadi pemenang. Bila kalah maka pada kesempatan berikutnya berlatih untuk meraih kemenangan.

“Pature Torus Torus Pature.

Bila kalah ,pature lagi sampai jadi pemenang,”katanya memberikan semangat.

Bupati melanjutkan bahwa daerah  Laguboti ini potensi hebat akan pecatur, ada juara 1 Turnamen Catur Tingkat Kabupaten Toba, ada juara 5 dan beberapa atlet catur potensial. Beliau juga bertanya usia paling muda dan tertua pecatur yang mengikuti pertandingan kali ini. Diketahui yang paling muda berusia 21 tahun dan paling tua berusia 74 tahun.

“Selamat bertanding, siapapun pemenangnya akan bersuka cita yang penting happy.Catur itu membuat kita senang,” ucapnya. 

Ketua Panitia Hotmei Sinurat mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran Bupati Toba untuk membuka sekaligus menyemangati para peserta .

Sementara mewakili masyarakat , Janner Hutahaean menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Toba. Ia memberikan kesaksian bahwa program pembangunan di daerah ini berjalan dengan baik khususnya di Laguboti.

Sebagai pendiri Daling-Daling Chesa Club, Drs Alfariz Simanjuntak mengharapkan turnamen yang digelar perdana hari ini dan besok menjadi pemacu minat dan bakat generasi muda.

“Kita mengharapkan ke depan,Daling-Daling Chess Club punya andil dalam menerbitkan atlet catur berprestasi di tingkat daerah Provinsi dan Nasional,” kata Alfariz yang sebelumnya menjabat Ketua Percasi dan KONi Toba ini.

Selain itu, Alfariz dengan para pecatur dan personil lainnya akan mengkampanyekan Olah Raga dalam hal ini Catur, sekaligus akan membuat Daling-Daling Chess Club permanen.

Turut hadir Asisten Pemerintahan Eston Sihotang Spd, Plt.Kaban Kesbangpol , Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs Rikardo Hutajulu Spd,Camat Laguboti  yang diwakili Sekcam Riston Hutapea SE.Itp Mantap