Mahasiswa Dukung Pembangunan AMN Manado oleh BIN sebagai Sarana Mempersatukan Pemuda

7

Oleh: Januar Dominicus 

Kalangan mahasiswa mendukung penuh adanya pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) sebagai sarana untuk mempersatukan para pemuda selaku penerus generasi bangsa.

Menyadari betapa pentingnya persatuan dan kesatuan antar masyarakat di negara yang memiliki beragam sekali perbedaan seperti Indonesia ini, BIN kemudian berupaya untuk mewujudkannya dengan menginisiasi pembangunan AMN Manado.

Sebelumnya, pembangunan AMN telah sukses terlaksana di Kota Pahlawan Surabaya yang juga berhasil mewujudkan persatuan antar pemuda. Maka dari itu, dalam realisasi di Manado kali ini, para mahasiswa mendukung penuh langkah BIN tersebut.

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena, adanya kedua hal tersebut akan mampu menyatukan seluruh elemen meski mereka berasal dari berbagai macam kalangan atau latar belakang yang saling berbeda satu sama lain.

Terlebih, memang masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini terdiri dari berbagai macam suku, adat, budaya hingga bahasa. Sehingga tentunya ketika warga yang mendiami bangsa ini mampu saling bersatu, mereka juga bisa turut berperan aktif dalam mendukung penuh pembangunan negeri untuk lebih maju lagi ke depannya.

Arti penting adanya persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia adalah supaya bangsa ini bisa terhindar dari kemungkinan atau potensi terjadinya konflik serta antar masyarakatnya bisa saling hidup rukun berdampingan satu sama lain.

Sejalan dengan upaya untuk mendukung penuh keberhasilan pembangunan dan kemajuan bangsa ke depannya, peranan pemuda juga menjadi sangat penting lantaran mereka merupakan tonggak akan terwujudnya hal tersebut.

Pasalnya, generasi muda adalah komponen yang sangat perlu untuk terlibat karena mereka memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif serta juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Sehingga dukungan mereka pada upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa sangat perlu.

Para pemuda memiliki pola pikir yang serba cepat, lintas batas, terlebih canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mudah mereka akses melalui banyak platform digital termasuk media sosial sehingga mereka merupakan generasi lintas negara, lintas budaya dan agama.

Dengan terbiasanya para pemuda dalam berinteraksi antar sesama tanpa memperhatikan perbedaan latar belakang tersebut, maka diharapkan adanya peranan mereka untuk bersaing dalam bentuk apapun dalam hal yang positif, utamanya dalam rangka semakin mewujudkan dan mendukung penuh persatuan serta kesatuan NKRI.

Akan tetapi, seluruh potensi sangat luar biasa yang para pemuda itu tidak akan bisa optimal bermanfaat apabila tidak didukung dengan sarana yang memadai. Maka dari itu, Badan Intelijen Negara Republik Indnesia (BIN RI) kemudian menghadirkan AMN Manado sebagai sarana mempersatukan generasi muda.

Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (Ketum PP GMKI) Jefri Gultom menyampaikan bahwa para pemuda sangat mendukung penuh pembangunan AMN sebagai sarana mempersatukan generasi muda dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama yang berasal dari beragam daerah di Indonesia dan juga dari berbeda perguruan tinggi.

Menjadi sangat penting memang agar para pemuda itu mampu menjalin hubungan yang erat serta saling berkolaborasi dalam memajukan bangsa melalui AMN Manado. Lantaran di dalamnya bukan hanya menjadi sekedar asrama hunian saja, namun juga sekaligus wadah pembinaan.

AMN Manado jelas akan menjadi sebuah wadah yang luar biasa untuk seluruh mahasiswa agar mereka mampu meningkatkan segi akademik ataupun non-akademiknya tanpa memandang perbedaan latar belakang apapun.

Memang secara khusus, lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu mendapatkan tugas dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai katalisator untuk merealisasikan pembangunan AMN di sejumlah kota di Tanah Air, termasuk Manado.

Upaya dan kerja keras BIN dalam merangkul sejumlah kementerian, lembaga hingga instansi terkait lainnya membawakan hasil yang sangat berharga, karena terbukti sukses membangun Asrama Mahasiswa Nusantara sebagai wadah mewujudkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana rumusan para pendiri bangsa terdahulu.

Selain di Surabaya dan Manado, rencananya AMN akan juga dibangun di Makassar, Bantul, Jakarta Selatan dan Malang. Gedung ini memiliki peran penting karena di dalamnya sekaligus menjadi tempat pembinaan bagi para calon pemimpin bangsa dengan karakter kebangsaan yang kuat.

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado itu juga menjadi miniatur bagi sarana penggodokan para calon pemimpin bangsa kelak yang berwawasan Nusantara serta memiliki karakter Bhinneka Tunggal Ika.

Tidak mengherankan mengapa para pemuda dari kalangan mahasiswa sendiri mendukung penuh adanya pembangunan AMN Manado oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) sebagai sarana mempersatukan penerus generasi bangsa mendatang.

Penulis adalah Kontributor Digital literasi