Masyarakat Berikan Apresiasi Atas Pembangunan AMN Manado sebagai Pencetak Generasi Cerdas

13
Percepatan Pembangunan Efektif Wujudkan Transformasi Ekonomi Papua

Oleh: Devi Putri Anjani 

Masyarakat di Manado mengucapkan banyak rasa syukur dan terima kasih mereka kepada Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN) atas adanya realisasi pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sebagai wadah untuk pencetak generasi penerus bangsa yang cerdas.

Ucapan rasa terima kasih dan apresiasi sangat tinggi tersebut diwakilkan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang dibacakan oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara Steve H.A. Kepel. Mereka semua menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Badan Intelijen Negara (BIN) dan Pemerintah Pusat atas pembangunan AMN di Manado.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu mengundang banyak sekali apresiasi dari masyarakat. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya keberadaan AMN Manado sendiri bukan sekedar menjadi tempat tinggal secara fisik belaka, namun juga sekaligus sebagai laboratorium sosial, intelektual dan kewirausahaan.

Sehingga adanya pembangunan AMN di Manado itu tidak hanya sekedar mampu mencetak para mahasiswa selaku generasi muda penerus bangsa yang cerdas saja, tetapi mereka juga sekaligus menunjukkan adanya tonggak keberhasilan dalam perjalanan pendidikan di wilayah Sulawesi Utara sendiri.

Nantinya, Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut akan diisi oleh para mahasiswa dari berbagai macam daerah dengan bermacam suku pula, bermacam agama, ras dan budaya, sehingga jelas akan mampu terjadi sebuah harmonisasi akan kehidupan yang bebas dari ancaman bahaya paham radikalisme serta separatisme melalui keberadaan AMN Manado.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) AMN Manado, Idham Malik menyampaikan bahwa Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut selain dibangun di wilayah Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), namun oleh Badan Intelijen Negara (BIN) juga akan dibangun di beberapa wilayah lagi seperti di Makassar, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta hingga Yogyakarta, yang mana sebelumnya juga telah sukses dibangun di Kota Pahlawan Surabaya Provinsi Jawa Timur (Jatim).

AMN Manado merupakan wadah secara nyata yang diinisiasi oleh BIN untuk semakin mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh pelosok negeri, yang mana tujuannya adalah agar mereka semua bisa menjalin kerukunan, kekompakan guna lebih memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara Manado, Badan Intelijen Negara juga menggandeng beberapa pemangku kepentingan atau stakeholder terkait lainnya seperti dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai wadah akan pembinaan untuk semakin mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda penerus bangsa, khususnya mereka di tingkat perguruan tinggi.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya diberikan tugas secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk terus mampu memperhatikan bagaimana infrastruktur pendukung dalam sektor pendidikan seperti hunian untuk para santri dan mahasiswa, agar mereka bisa jauh lebih fokus belajar demi meraih prestasinya.

Fasilitas yang dibangun dalam AMN Manado sendiri tidak hanya sekedar menyediakan hunian sangat layak saja, tetapi di dalamnya juga dilengkapi dengan adanya beberapa fasilitas penunjang pengembangan kompetensi mahasiswa lainnya seperti perpustakaan atau ruang baca, ruang belajar, ruang seni, laboratorium bahasa, lapangan olahraga, ruang pembinaan kewirausahaan, kebun serta ruang komunal lainnya.

Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu juga diyakini oleh seluruh masyarakat bisa menjadi tempat bagi kaderisasi pemimpin masa depan bangsa yang sangat berkualitas, sehingga mereka memberikan dukungan penuh, mengapresiasi dengan sangat tinggi dan mengucapkan rasa terima kasihnya.

Staff Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny menjelaskan bahwa pembangunan sarana yang diinisiasi oleh BIN seperti AMN Manado itu diyakini akan dapat semakin mendukung para generasi muda untuk saling mengenal adanya perbedaan satu sama lain.

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa bangsa Indonesia ini sendiri sudah sejak dulu sebelum masa kemerdekaan sudah merupakan bangsa yang terdiri dari banyak sekali perbedaan latar belakang diantara masyarakatnya, sehingga justru dengan adanya perbedaan itu akan menjadi sebuah kekuatan yang sangat luar biasa jika semuanya bisa bersatu padu.

Karena memang urgensi dari bangsa ini sendiri sebagai sebuah bangsa yang majemuk memerlukan adanya sarana yang nyata. Menangkap hal tersebut, kemudian Badan Intelijen Negara (BIN) berkomitmen penuh dalam menyediakan sarana berupa Asrama Mahasiswa Nusantara sebagai sebuah tempat kaderisasi pemimpin masa depan yang mampu melihat adanya perbedaan sebagai sebuah hal yang justru mampu menyatukan semua piihak sebagai bangsa.

Maka menjadi tidak heran mengapa komitmen kuat dari Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut mendapatkan apresiasi sangat tinggi dari seluruh masyarakat, khususnya mereka di Manado dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mengucapkan rasa terima kasihnya atas pembangunan AMN Manado yang diyakini akan mampu mencetak para generasi muda penerus bangsa yang cerdas dan berwawasan kebangsaan.

Kontributor Duta Media