Menpora Apresiasi Kinerja Cepat, Tepat dan Teliti dari Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut

9
Menpora Apresiasi Kinerja Cepat, Tepat dan Teliti dari Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut

Jakarta-Intipnews.com: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni atas kinerjanya yang dinilai cepat, tepat dan teliti dalam menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Hal ini diungkapkannya di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

“Kami dari Kemenpora apresiasi pada semua pihak yang terus mendukung PON Aceh-Sumut, terkhusus Pj Gubernur Sumut dan Aceh dimana ini penugasannya last minute, tapi kerjanya sangat cepat, tepat dan teliti,” kata Menpora. 

Sebagaimana diketahui, dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam rangka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Sebagai informasi, kerja sama tersebut meliputi bantuan pemerintah untuk bidang pertandingan total keseluruhan di Sumut dan Aceh sebesar Rp 706 miliar, bantuan untuk opening ceremony di Aceh sebesar Rp60 miliar, closing ceremony di Sumut sebesar Rp41 miliar, sarana dan prasarana pertandingan di Sumut sebesar Rp108 miliar dan di Aceh sebesar Rp101 miliar. 

Menpora mengatakan kerja sama tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga. Selain itu, melalui langkah tersebut seluruh pihak termasuk aparat penegak hukum pun diharapkan terlibat mendampingi penggunaan anggaran tersebut. 

“Dengan ini kami harap semua pihak bekerja sama mendukung dan bersinergi mendukung PON, karena PON kali ini bersejarah karena diselenggarakan di dua provinsi sekaligus,” ucap Menpora.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni memastikan seluruh persiapan menjelang agenda nasional tersebut berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Persiapan khususnya di Sumut, Insya Allah, sesuai dengan rencana, venue sudah berproses semua, untuk stadion utama Insya Allah akhir Juli selesai. Secara keseluruhan sudah berproses dan Insya Allah semua selesai sesuai dengan yang direncanakan,” ujar Fatoni.

Fatoni berharap dengan banyaknya dukungan tersebut, penyelengaraan PON di Aceh-Sumut dapat terlaksana dengan sukses. Dirinya berkomitmen menyukseskan PON Aceh-Sumut khususnya untuk wilayah Sumut dan hal itu telah dibuktikannya secara nyata.

“Saya dilantik 24 Juni, belum 24 jam saya langsung bertemu dengan Menpora bahas persiapan PON, begitu mendarat di Sumut saya langsung meninjau venue dan mengadakan rapat dengan PB PON serta KONI,” ucap Fatoni. 

Menurutnya, Sumut harus mampu meraih lima kunci sukses. Di antaranya, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat dan sukses pemberdayaan atau pemanfaatan venue pasca PON.Itp05