Meutya Hafid: “Pemanfaatan Media Sosial Kunci UMKM Naik Kelas”

9

Medan-Intipnews.com:  Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar, memperkuat merek, dan meningkatkan penjualan.

“Dengan memanfaatkan platform-platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, UMKM dapat membangun hubungan dengan pelanggan potensial, berbagi konten kreatif, dan melakukan promosi produk dengan biaya yang relatif rendah”. Ucap Meutya Hafid (Foto) sebagai Narasumber dalam seminar Literasi Digital bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Maju”.

Ketua Komisi I DPR RI tersebut juga mengatakan bahwa pemanfaatan media sosial bagi UMKM tidak hanya sebatas sebagai sarana promosi, namun juga sebagai alat untuk membangun hubungan dengan konsumen.

“Dengan berinteraksi secara langsung melalui komentar, direct message, dan live streaming, UMKM dapat mendapatkan feedback langsung dari konsumen mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini memungkinkan UMKM untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, serta dapat meningkatkan kualitas produk atau pelayanan mereka”. Ucapnya.

“Memanfaatkan media digital atau media sosial menjadi sangat penting dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, di mana UMKM perlu terus berinovasi dan mengembangkan strategi pemasaran agar tetap relevan di mata konsumen”. Sambungnya.

Ayu Safitri selaku Owner AyuShop Tebing Tinggi, menyetujui pendapat Meutya Hafid bahwa dengan media sosial UMKM dapat menjangkau konsumen potensial di berbagai daerah tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

“Tak hanya itu, media sosial juga memungkinkan UMKM untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan memiliki akun media sosial yang aktif dan responsif, UMKM dapat memberikan rasa yakin kepada konsumen bahwa mereka adalah bisnis yang profesional dan terpercaya”. Ucapnya 

“Dengan mengunggah konten-konten yang relevan dan menarik, UMKM juga dapat membangun branding yang kuat dan membedakan diri dari pesaing lainnya”. Sambungnya. (08/02/2024).

“Terakhir, yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan media sosial dalam berbisnis adalah konsistensi pembuatan konten, jam tayang, dan inovasi dan kreatifitas dalam pembuatan konten yang baik agar menarik minat konsumen”. Tambahnya.Itp05/r