Paripurna DPRD HUT Toba ke 25 Tanpa Dihadiri Wakil Bupati Toba

26

Toba-Intipnews.com : Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT)  Ke-25 Tahun Kabupaten Toba, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara,gelar Rapat Paripurna, bertempat di Ruang Paripurna DPRD Toba, Sabtu (9/4/24).

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Toba Effendi Sintong Napitupulu SE didampingi Wakil Ketua DPRD Mangatas Silaen dan Candrow Manurung SH MHum. Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Toba Effendi Napitupulu menyampaikan sejarah singkat lahirnya Kabupaten Toba Samosir dari Kabupaten Tapanuli Utara serta penetapannya oleh Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 9 Maret 1999 lalu (Foto).

Setelah itu, Effendi membuka secara resmi Paripurna DPRD Toba dalam rangka Hari Jadi Ke-25 Tahun Kabupaten Toba 2024 yang mengusung tema: “Kabupaten Toba Bangkit, Bergerak, Tampil, jadi Pemenang” dan Sub tema: “Satu Tekad Dengan Etos Kerja, Hibas, Padot, Togos (HIPAS), Kita Wujudkan Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar”.

Kemudian, Sekda Drs Toba Augus Sitorus membacakan sejarah berdirinya Kabupaten Toba Samosir yang mekar dari Kabupaten Tapanuli Utara berdasarkan UU No 12 tahun 1998. Seterusnya, Augus Sitorus juga menyebutkan para pejabat bupati, sekda, para pimpinan DPRD yang pernah menjabat sejak berdirinya Kabupeten Toba Samosir hingga berganti nama menjadi Kabupaten Toba.

Sedangkan Bupati Toba dalam sambutannya, atas nama pemerintah Kabupaten Toba dan masyarakat,Ir  Poltak Sitorus Msc mengucapkan terimakasih atas kehadiran segenap undangan. Secara khusus kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mantan pejabat bupati, sekda, pimpinan DPRD maupun para anggota DPRD atas dedikasinya berjuang membangun Toba. 

“Demikian juga terimakasih kami ucapkan kepada segenap unsur Forkopimda Toba yang berjalan selaras mendukung keberlangsungan pembangunan dalam mewujudkan kemajukan Toba. Serta dukungan seluruh elemen masyarakat Toba untuk kedepannya bersama ‘Bangkit, Bergerak, Tampil untuk menjadi Pemenang’ dalam mewujudkan masyarakat Toba yang sejahtera,” sebut Poltak.

Dalam kesempatan ini, dia juga menyampaikan pencapain kinerja Pemkab Toba di beberapa sektor diantaranya sektor pariwisata, pendidikan dan pertanian. Selanjutnya Ia menjelaskan,  saat ini ketiga sektor ini menjadi prioritas arah kebijakan Pemkab Toba dengan tetap menselaraskan sektor lainnya, pungkas Poltak.

Rangkaian HUT Toba ke-25, sebelumnya telah digelar di Kecamatan Porsea dan Kecamatan Habinsaran bersama kecamatan dan masyarakat terdekat. Dan hari ini merupakan acara puncak bertempat di lapangan Sisingamangaraja Balige, venue diselenggarakannya F1 Powerboat dan Aquabike.

Pada Rapat Paripurna kali ini, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE tidak terlihat dalam ruangan,diduga orang nomor dua Toba ini sudah tidak seirama lagi dengan Poltak Sitorus.  Paripurna dihadiri Sekda Augus Sitorus, Para Asisten, Staf Ahli, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, para Camat, Unsur Forkopimda, Pimpinan BUMN/Daerah, instansi vertikal, tokoh masyarakat, adat, agama, Ormas, OKP, LSM dan insan pers.

Adapun sejumlah undangan istimewa yakni para mantan Bupati Toba Samosir dan Bupati Toba sebelumya yakni Sahala Tampubolon, Kasmin Simanjuntak dan Darwin Siagian. Juga hadir sejumlah anggota DPRD periode sebelumnya. Itp Mantap