Pemkab Toba Dorong Warga Petani  Desa Partoruan Janjimatogu ,Uluan Semakin Rajin

9

Toba-Intipnews.com : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, kembali menyampaikan agar warga lebih bersemangat bekerja termasuk bertani untuk ketahanan pangan.

“Presiden Joko Widodo meminta agar kita waspada dengan perubahan iklim dunia yang berdampak membawa ancaman kelaparan di seluruh dunia pada tahun 2025,” kata Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dalam arahannya saat penyerahan bantuan 1 zak pupuk dan 1 zak supervit  dan kepada 132 KK penerima manfaat bersumber Dana Desa TA 2024 di Desa Partoruan Janjimatogu, Kecamatan Uluan, Jumat (21/6/2024).

Di desa ini, Bupati menyampaikan pesan  agar warga melakukan etos kerja HIPAS yang merupakan  singkatan dari Hibas (cekatan bersemangat) Padot (rajin) dan  Togos (kuat pantang menyerah.

Dalam hal mensiasati kurangnya pupuk kimia, Bupati mengajak warga petani agar menggunakan pupuk kompos atau organik (FOTO).

“Sinur ma pinahan gabe ma na ni ula,” katanya dalam Bahasa Batak yang kira -kira artinya berkembang biak ternak dan berhasil segala usaha.

” Beternak hewan peliharaan perlu digalakkan kembali agar mendapatkan kompos dari kotoran ternak,”‘lanjutnya.

Turut hadir Camat Uluan Winra Marpaung, Plt.Kadis Pertanian Jonni Hutajulu SP, Kadis Ketahanan Pangan Darwin Sianipar SP, Plt.Kadis PMD PPA Sergius Gultom, Kades Desa Partoruan Janjimatogu Lion Manurung, dan lainnya. Itp Mantap