Program AMANAH Bentuk Dukungan Nyata Pemerintah pada Industri Kreatif Aceh

1
Oplus_131072

Oleh: Takengon Reno

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) merupakan sebuah bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) pada industri kreatif di Aceh.

Sejauh ini, sebenarnya Aceh juga merupakan salah satu dari wilayah di Tanah Air yang memiliki potensi akan industri kreatif sangat melimpah. Namun sayangnya, besarnya potensi daerah itu ternyata tidak bisa terekspos secara lebih jauh dan menonjol karena kurangnya wadah.

Oleh karenanya, Pemerintah RI kemudian menyediakan fasilitas yang mumpuni, yakni berupa wadah dengan adanya inisiasi Program AMANAH sebagai bentuk dukungan nyata pada perkembangan industri kreatif di sana.

Menurut salah seorang influencer ternama di Indonesia, yakni Thariq Halilintar bahwa sangat penting adanya program yang mampu menyediakan wadah bagi para anak muda untuk bisa saling bertukar pikiran dan juga wawasan.

Keberadaan Program AMANAH harus terus mendapatkan dukungan penuh dari banyak pihak karena di dalamnya adalah sebuah wadah bagi para pemuda Aceh, khususnya mereka yang bergerak dan antusias dalam sektor industri kreatif sehingga antara satu dengan yang lainnya bisa saling bertukar ide.

Lebih lanjut, sejatinya seluruh anak muda dari wilayah berjuluk Serambi Mekkah itu memiliki potensi kreatif yang sangat luar biasa dan kini sudah saatnya mereka semua ikut dalam berkontribusi secara nyata dalam industri, baik itu dalam daerah mereka sendiri, yakni di Aceh, secara nasional atau bahkan pada taraf global.

Para generasi muda penerus bangsa asal Aceh sudah banyak yang memiliki bakat serta potensi dalam bidang kreatif, hal tersebut terbukti dengan banyaknya mereka telah memiliki etos kerja sangat luar biasa.

Sementara itu, salah seorang model sekaligus pemeran, Aaliyah Massaid juga ikut berbagai pengalamannya kepada anak muda Aceh bahwa untuk bisa meraih kesuksesan harus melalui sebuah perjuangan, dedikasi dan juga kerja keras.

Apalagi jika berbicara mengenai cara untuk meraih kesuksesan dalam dunia industri kreatif, maka pasti harus ada yang namanya perjuangan dan juga pantang menyerah serta siap menghadapi kegagalan dan seandainya terjatuh harus mampu bangkit kembali atau dengan kata lain, kepemilikan etos kerja yang tinggi merupakan hal yang sangat penting.

Di sisi lain, salah seorang pemuda Aceh bernama Ira Maya Wahyuni mengungkapkan bahwa acara tersebut mampu memberikannya banyak sekali inspirasi untuk bisa jauh lebih percaya diri dan menekankan bagaimana pentingnya untuk memulai dari bawah dalam meraih kesuksesan. Bagi para generasi muda asal Tanah Rencong, keberadaan Program AMANAH sangatlah mendatangkan banyak dampak positif.

Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat AMANAH bertujuan untuk memberikan fasilitas akan pengembangan bagi segala potensi yang ada di wilayah berjuluk Serambi Mekkah tersebut, baik itu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) ataupun sumber daya alam (SDA).

Kedua hal tersebut, yakni ketika terjadi pengembangan pada SDM maupun SDA, maka jelas akan mendatangkan kemajuan yang luar biasa oada Indonesia, khususnya bagi masyarakat Aceh sendiri. AMANAH bukan hanya menjadi sekedar bangunan fisik saja, melainkan mampu menjadi wadah bagi para anak muda di Aceh untuk bisa terus mengembangkan potensi serta kreativitas yang mereka miliki.

Dengan berbagai macam fasilitas dan programnya, maka realisasi akan proyek tersebut akan bisa menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, termasuk juga pada teknologi dan kesejatan.

Lebih lanjut, fungsi dari Program AMANAH sendiri merupakan sebuah pusat kreativitas yang berbasis di Negeri Rencing, kemudian di dalamnya juga terdapat banyak sekali pelatihan serta workshop, sekaligus menjadi inkubator bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tidak cukup sampai di sana, namun program inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut juga mampu menjadi ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, di dalamnya terdapat program kreatif yang berbasis pada lingkungan, kemudian ada pula kegiatan seperti budaya dan seni hingga tempat untuk mendapatkan kemitraan dan jaringan.

Seluruh kebermanfaatan dari program AMANAH adalah karena sangat besarnya potensi ekonomi dari sektor industri kreatif, bahkan meski saat ini sudah dalam bentuk yang sangat besar, namun nyatanya sektor tersebut masij akan terus berkembang.

Sudah barang tentu apabila potensi yang sangat besar tersebut dapat mengalami pengelolaan yang optimal, maka bukan tidak mungkin prospek dari industri kreatif akan memberikan dampak bahkan secara signifikan terhadap adanya pertumbuhan ekonomi secara makro dalam beberapa waktu ke depan.

Realisasi program AMANAH merupakan bentuk nyata dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia melalui BIN pada industri kreatif di Aceh.

Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)