Program AMANAH Wujudkan Pemuda Berkarya dan Aceh Sejahtera

25

Oleh : Marwah Zakiyati 

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia menginisiasi pembangunan Youth Creative Hub di Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) sebagai wujud konkret dukungan penuh atas peningkatan kreativitas dan inovasi seluruh pemuda di Serambi Mekkah itu. Program tersebut diharapkan dapat mewujudkan Pemuda yang berkarya dan Aceh yang semakin sejahtera.

Tentunya adanya bakat akan kreativitas serta potensi inovasi yang mampu dilahirkan oleh para pemuda penerus generasi bangsa patut untuk didukung penuh oleh seluruh komponen. Mengetahui betapa pentingnya untuk mendukung hal tersebut, maka BIN menginisiasi pembangunan Youth Creative Hub.

Nantinya, dalam Gedung Kreativitas Pemuda di Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) itu, nantinya para pemuda di sana akan digembleng dan banyak dilatih serta dididik mengenai beragam upaya untuk semakin memaksimalkan minat dan bakat mereka.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa sebelumnya gedung PYCH sendiri telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Papua, yang kemudian pembangunannya terus dilanjutkan di beberapa titik salah satunya Aceh.

Dengan adanya pembangunan YCH Aceh Amanah yang diinisiasi oleh BIN tersebut dinilai nanti akan mampu mewujudkan sinergitas dalam rangka semakin meningkatkan partisipasi para pemuda kepada daerah mereka masing-masing.

Sehingga dampaknya akan dirasakan dengan adanya peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda. Di setiap daerah di Indonesia, pasti seluruh pemudanya memiliki bakat dan minat tersendiri atau spesifikasi sesuai daerahnya seperti misal dalam bidang pertanian, perikanan, kesehatan atau bidang lain.

Youth Creative Hub di Aceh sendiri akan menjadi wadah atau rumah bersama untuk semakin mengembangkan beragam bakat para pemuda, bukan hanya berfokus pada satu sektor saja dengan banyaknya edukasi yang substantif dan sekiranya mampu digunakan di tengah masyarakat secara aplikatif.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Woro Srihastuti Sulistyaningrum menyampaikan bahwa sesungguhnya memang seluruh pemuda di Indonesia memiliki potensi untuk mampu berkontribusi secara besar dalam rangka memajukan negara ini.

Hal tersebut semakin didukung dengan adanya proyeksi puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang, yang mana diperkuat dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 lalu yang menunjukkan bahwa jumlah pemuda yang tergolong pada Generasi Z dan Milenial hingga sebanyak 67,13 juta penduduk.

Maka dari itu, bagaimana potensi dari para pemuda itu untuk berkontribusi dalam memajukan bangsa ini sangatlah besar, terlebih jika mereka mau mandiri dan menjadi wirausaha serta berani berbisnis.

Dalam gedung Youth Creative Hub atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) itu, nantinya seluruh potensi yang dimiliki oleh para pemuda akan terus digembleng sehingga mereka mampu berkontribusi aktif dalam memajukan wilayahnya dan memajukan negeri ini.

PYCH Aceh Amanah sebagai Dukungan Nyata BIN pada Potensi Pemuda

Komitmen kuat serta bentuk dukungan nyata dari Badan Intelijen Negara (BIN) akan seluruh talenta, bakat serta potensi yang dimiliki para pemuda tertuang dari pembangunan PYCH Aceh Amanah.

Sejauh ini, memang BIN terus menunjukkan kepeduliannya akan bagaimana pengembangan minat dan bakat hingga kreativitas serta inovasi para pemuda dari berbagai macam programnya.

Salah satu program tersebut, yakni dengan adanya penyediaan fasilitas yang sangat lengkap dan megah bernama PYCH Aceh Amanah, yang mana sebelumnya program tersebut juga telah sukses besar dan berjalan di Papua.

Lantaran mengalami kesuksesan yang nyata dalam program dukungan untuk peningkatan minat dan bakat serta kreativitas hingga inovasi para pemuda di Papua, maka Presiden Jokowi memberikan apresiasi sangat besar pada BIN.

Sehingga, Kepala Negara kembali menginstruksikan agar pembangunan Youth Creative Hub serupa mampu digencarkan para beberapa titik lain di Indonesia seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku hingga termasuk di Aceh.

Karena hal tersebut juga, menjadikan banyak pihak memberikan apresiasi sangat tinggi pada Badan Intelijen Negara, termasuk apresiasi itu datang dari Pemuda Aceh, yakni Ketua Aceh Kreatif Delky Nofrizal Qutni.

Dirinya mendukung penuh upaya BIN dalam memberikan fasilitas para pemuda di Serambi Mekkah karena memang seluruh generasi muda di sana sebenarnya sama sekali tidak kalah dengan para pemuda di wilayah lain di Indonesia.

Pemuda Aceh Miliki Banyak Potensi Kreatif dan Inovasi

Delky menambahkan bahwa seluruh pemuda di Aceh juga memiliki banyak sekali bakat dan minat serta potensi kretivitas dan inovasi, yang jika mendapatkan dukungan penuh jelas akan berkontribusi positif pada pembangunan bangsa.

Minat sangat besar dimiliki para pemuda Aceh seperti pada bidang fashion, industri kreatif yang dimotori oleh para kreator lokal muda, bidang peternakan, perikanan dan banyak lainnya. Sehingga adanya dukungan nyata dari BIN merupakan hal yang sangat bermanfaat.

Karena, ketika seluruh pemuda di Aceh mendapat dukungan yang optimal, tentunya mereka mampu semakin mengembangkan kemampuannya dan bahkan bisa bersaing pada kancah nasional hingga kancah dunia.

Mengetahui bagaimana potensi besar yang dimiliki oleh seluruh pemuda di Aceh, menjadikan BIN memberikan dukungan penuhnya akan peningkatan kreativitas dan inovasi para penerus generasi bangsa tersebut melalui pembangunan PYCH Aceh Amanah.

Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute