Raih Prestasi Wujudkan Mimpi, AMN Manado Wadah Pemuda Aktualisasikan Kompetensi

5

Oleh: Bimo Ariyan Beeran

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado merupakan wadah bagi para pemuda untuk semakin mengaktualisasikan seluruh bakat serta kompetensi mereka untuk bisa meraih prestasi setinggi mungkin dan mewujudkan seluruh mimpi mereka.

Tentunya sudah menjadi kewajiban bagi negara ini untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang terdidik atau memiliki kualitas unggul dengan adanya pendidikan yang baik. Salah satu upaya tersebut dijalankan oleh Pemerintah melalui Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) selaku inisiator atas pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado.

Sehingga dengan demikian, bisa dikatakan pula bahwa AMN tersebut merupakan sebuah upaya negara untuk merawat generasi muda penerus bangsa agar mereka mampu meraih prestasi setinggi mungkin untuk mewujudkan berbagai mimpi mereka serta agar mereka bisa semakin mengaktualisasikan beragam kompetensinya tanpa batas.

Sudah menjadi sifat dari para pemuda yakni merupakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki banyak sekali bakat atau potensi terpendam. Sehingga sayang sekali jika banyaknya potensi yang mereka miliki tersebut ternyata tidak bisa tersalurkan dengan baik atau jika misalnya mereka tidak memiliki wadah untuk menyalurkan kompetensinya.

Padahal, jika seluruh kompetensi para pemuda itu bisa tersalurkan dengan baik dan optimal, maka bukan tidak mungkin bangsa ini akan menjadi bangsa yang jauh lebih maju ke depannya dengan ditopang oleh para generasi penerus yang memiliki kualitas tinggi dengan daya saing yang baik.

Sejatinya setiap anak muda di Indonesia tentunya telah memiliki minat dan bakat mereka masing-masing yang mungkin saja saling berbeda. Akan tetapi tentunya minat dan bakat tersebut tidak akan langsung muncul menjadi sebuah keahlian begitu saja jika tidak digali dan diasah.

Oleh karena itu, sangat penting adanya ruang atau wadah bagi para anak muda tersebut supaya mereka bisa terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai macam program bermanfaat, seperti halnya Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang diinisiasi oleh BIN RI.

Semakin tersedianya fasilitas atau ruang dan wadah bagi partisipasi para generasi muda di tengah masyarakat, maka juga berarti semakin mendorong kreativitas mereka untuk tumbuh dan berkembang. Dengan kata lain, maka menjadi semakin bagus juga talenta yang mereka miliki pada bidangnya masing-masing.

Terlebih, sebenarnya bakat dan potensi yang dimiliki oleh para pemuda di Indonesia sama sekali tidak kalah dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh anak-anak dari negara lain. Bahkan, tidak jarang para pemuda di Tanah Air mendapatkan apresiasi tinggi di kancah internasional dalam beberapa bidang seperti olahraga, akademik hingga bidang kemampuan khusus.

Keberhasilan dari para pemuda itu untuk meraih prestasi dan mewujudkan seluruh mimpi atau cita-cita mereka tentunya disebabkan salah satunya karena mereka bisa mengasah bakat dan minat yang dimilikinya melalui keterlibatan dalam program yang bermanfaat seperti AMN.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara (BPPW Sulut), Ir. Nurdiana Habibie menjelaskan bahwa ruang lingkup pembangunan AMN Manado terdiri dari lingkup pekerjaan tower asrama putra dan asrama putri, kemudian adanya gedung pertemuan, ruang serbaguna, lapangan olahraga, taman, akses jalan dan area parkir.

Lebih lanjut, Konsultas pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara dari Universitas Indonesia (UI), Gumilar mengungkapkan bahwa di dalam asrama tersebut tidak hanya berupa kamar saja, namun juga ada perpustakaan dan ruang pembinaan.

Pada ruang pembinaannya sendiri, para pemuda itu akan mendapatkan banyak didikan dan binaan mengenai berbagai macam hal seperti entrepreneurship, kemudian mereka juga akan dibina nilai kebangsaan, diajak untuk bisa berintegrasi satu sama lain untuk semakin membangun tradiri multikultural di Indonesia dan juga menanamkan komitmen para penerus generasi bangsa itu pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan pembangunan AMN adalah sebagai sebuah wadah untuk mempersatukan para pemuda, khususnya di kalangan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, berbagai bahasa, berbagai budaya dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Penyatuan berbagai macam latar belakang para pemuda itu dalam rangka untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) muda yang berkualitas, berintegritas dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Kemudian Wakapokja AMN Manado Badan Intelijen Negara, Idham Malik juga menambahkan bahwa gedung Asrama Mahasiswa Nusantara itu memang untuk semakin mempersatukan para mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh pelosok Tanah Air supaya mereka bisa saling menghargai budaya masing-masing dalam bingkai NKRI.

Dengan banyaknya fasilitas lengkap yang sangat memadai tersebut, maka bukan tidak mungkin kompetensi yang dimiliki oleh para pemuda tersebut akan benar-benar mampu teraktualisasi dengan sangat optimal sehingga membantu mereka pula dalam meraih prestasinya entah itu pada bidang akademik maupun non-akademik dan menjadikan para pemuda itu bisa mewujudkan mimpi mereka. AMN Manado memang merupakan sebuah wadah terbaik dalam aktualisasi kompetensi para pemuda itu.

Kontributor Ruang Baca Nusantara