Ratusan Sekolah Dasar Ramaikan Gramedia Science Day 2024, Tingkatkan Kreativitas Inovasi Sains Anak

18
oplus_2

Medan-Intipnews.com: Ratusan Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan mengingkuti kegiatan Gramedia Science Day 2024 yang di gelar oleh PT Gramedia bersama Bank PT Danamon Santika Dyandra Convention Center Medan, Sabtu (25/5). Acara ini merupakan kesempatan bagi para siswa/i kelas 4 hingga 6 SD untuk berpartisipasi dalam kompetisi sains yang seru dan mendidik.

Melalui Gramedia Science Day 2024  semangat transformasi  dengan mengintegrasikan kompetitif, kolaboratif, dan inovatif dalam setiap aspek kompetisinya. Hal ini bertujuan untuk merangsang kreativitas peserta dan memperluas pemahaman mereka dalam berbagai bidang ilmu. 

Dimana Gramedia Science Day merupakan kompetisi sains yang sudah ada sejak tahun 2016, acara ini tentu diminati oleh para siswa sekolah dasar dari berbagai daerah. Pada penyelenggaraan sebelumnya, Gramedia Science Day 2023 Surabaya, diikuti oleh 712 peserta dari 100 sekolah dasar. 

“Gramedia Science Day ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak-anak di bidang sains, serta memberi wawasan baru dari berbagai ilmu sains. Acara ini juga melatih kemampuan logika, penalaran, dan kreativitas mereka dalam menemukan solusi pada kompetisi,” ujar Made Ruswidhi; General Manager Marketing Gramedia.

“Danamon bangga dapat mendukung diadakannya Gramedia Science Day tahun ini. Hal ini sejalan dengan fokus Danamon pada ekosistem pendidikan, terutama dari segi literasi keuangan, perencanaan pendidikan anak untuk para orang tua, dan digitalisasi sistem keuangan sekolah. Kami mewujudkannya melalui berbagai kerja sama strategis dengan mitra yang terkemuka dan berpengalaman dalam bidang pendidikan di Indonesia, termasuk Gramedia. Ke depannya, kerja sama ini tentunya akan terus berlanjut ke kota-kota lainnya di seluruh Indonesia,” jelas Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

“Setelah Surabaya yang dilaksanakan pada tahun 2023, Danamon melanjutkan kehadirannya sebagai sponsor utama di Gramedia Science Day 2024 di Medan sebagai wujud nyata dari visi Danamon untuk peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan, karena pendidikan merupakan salah satu fondasi utama untuk mencapai kesejahteraan tersebut. Kami percaya, Gramedia Science Day akan menjadi upaya yang signifikan untuk meningkatkan minat belajar dan keingintahuan terhadap ilmu pengetahuan sejak usia dini, sehingga dapat berkontribusi untuk mencerdaskan generasi penerus Indonesia,” tambah Riana Suagiat, Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Pada Gramedia Science Day 2024 Medan, kompetisi terbuka untuk umum dengan peserta membentuk kelompok berisi maksimal 2 orang. Para peserta yang terdaftar akan mendapatkan participant kit berupa tas, kaos, ID card, alat tulis, voucher Gramedia, dan petunjuk pelaksanaan.

Selain kompetisi sains, rangkaian Gramedia Science Day 2024 Medan juga akan diramaikan dengan Gramedia Science Day Expo yang berkolaborasi dengan komunitas ilmiah dan menyajikan pameran UMKM lokal serta Gramedia. Acara lain yang tak kalah menarik adalah talkshow dari pembicara inspiratif dan Robotic Exhibition dari Diginusa.

Gramedia Science Day 2024 yang dilaksanakan di Medan ini mendapatkan respon yang dinilai cukup positif, hal ini dilihat dari jumlah peserta yang cukup banyak. Lebih dari 600 Peserta yang berasal dari 85 Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh area Sumatera Utara mengikuti kegiatan Gramedia Science Day 2024 Medan ini dari awal hingga akhir acara dengan ceria. 

Dari lebih total 600 peserta yang mengikuti kompetisi Gramedia Science Day 2024 ini terpilihlah 6 Juara. Pemenang Juara 1 dimenangkan oleh Josua Avent Pangihutan Sitorus dan Jaden Zhurich yang berasal dari Nakamura School. Juara 2 dimenangkan oleh Kanaya Meliala dan Gyshela Angeline Nadapdap yang berasal dari Sekolah Integritas Bangsa, dan Juara 3 dimenangkan oleh Arimma Keisha Budiman dan Ashila Azka dari SDIT Jabal Rahma. 

Tentu tak hanya juara 1,2, dan 3 saja. Gramedia Science Day 2024 juga memiliki juara harapan 1 yang dimenangkan oleh Nicholas Berwyn Chandra dan Jesslyn Javiera Wijaya dari SDS Dr. Wahidin Sudirdhosodo. Juara harapan 2 dimenangkan oleh Kontestan terjauh pada Gramedia Science Day 2024 ini yaitu Brian Ignatius dan Christoefel Bintang Princess yang berasal dari SD ST.Yosef Sidikalang dan juara harapan 3 dimenangkan oleh Syahid Zulkrami dan Langit Lazuardi yang berasal dari SDS Al Wasliyah 09 dan SDN 060823. 

“Kami berharap Gramedia Science Day 2024 Medan ini dapat menginspirasi anak-anak untuk terus berinovasi dan berkreativitas dalam bidang sains. Semoga acara ini dapat mencetak bibit-bibit saintis muda yang akan memajukan Indonesia di masa depan,” tutup Made. Itp05/r