Sampaikan Petisi Ke Partai Golkar, Sejumlah Warga Asahan Minta Taufik Siregar Berpasangan Dengan Sofyan Marpaung

161

Asahan-Intipnews.com:Sejumlah warga di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara menyampaikan petisi ke Partai Golkar Asahan yang berisi aspirasi politik masyarakat terhadap penetapan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Petisi yang disebut sebagai petisi Tujuh itu diserahkan langsung kepada Ketua DPD Partai Golkar Asahan, Efi Irwansyah Pane, di kantornya, Rabu (10/7/2024) Jalan Akasia Kisaran, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Asahan, Sumatra Utara. 

Tim ini meminta kepada Partai Golkar untuk menetapkan calon Wakil Bupati Asahan yang memiliki jejak rekam kepedulian terhadap dunia pendidikan. “Bupati Asahan kedepan harus didampingi oleh Wakil Bupati Asahan yang punya kepedulian terhadap dunia pendidikan,”ujar Ketua Tim Tujuh, Melky Gunawan. 

Mereka beralasan persoalan pendidikan menjadi salah satu persoalan terpenting yang harus ditangani oleh pemerintah daerah ke depan. Melky menegaskan, pembangunan SDM manusia Kabupaten Asahan harus dipacu. “Tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Asahan masih rendah bahkan mirisnya dibawah kabupaten hasil pemekaran di Sumatera Utara,”kata Melky Gunawan Ketua Tim Petisi Tujuh ini. 

Berdasarkan data tingkat IPM Asahan masih dibawah Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Labura, Padang Lawas Utara (Paluta) dan Labuhan Batu Selatan (Labusel). Hal ini menunjukkan pembangunan pendidikan belum dilakukan secara sungguh-sungguh oleh pemerintah daerah. Padahal program pembangunan pendidikan bergaris lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, kata Melky.

Dalam petisi yang disampaikan secara tertulis  oleh tim Tujuh ini mereka meminta Bakal Calon Bupati Asahan, Taufik ZA Siregar yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Asahan dipasangkan oleh Partai Golkar dengan Drs Sofyan Marpaung, MPd, pensiunan PNS mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan  dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Asahan. Sofyan dipandang sosok yang pas untuk mendampingi Taufik ZA Siregar dalam Pilkada Asahan Tahun 2024 karena Sofyan memiliki jejak rekam terobosan-terobosan dalam dunia pendidikan. 

Saat beliau menjabat sebagai Kadis Pendidikan, beliau banyak melakukan terobosan-terobosan. Diantaranya sebagai pelopor beasiswa bagi pelajar kuliah di Arizona University. Tucson, Arizona Amerika Serikat bekerjasama dengan Samporna Foundation, Pelopor Pusat Belajar Guru bekerja sama dengan Tanoto Fundation serta berbagai terobosan lainnya yang dia miliki.

Golkar pastikan aspirasi diteruskan ke DPP. Ketua DPD Partai Golkar Asahan, Efi Irwansyah Pane menyatakan akan segera meneruskan petisi tersebut ke Partai Golkar Provinsi dan DPP Partai Golkar di Jakarta. 

“Aspirasi politik saudara saya pastikan akan sampai ke Jakarta,”ujarnya. 

Efi Irwansyah juga akan segera menyampaikan aspirasi politik ini ke Wakil Bupati Asahan, Taufik ZA Siregar sebagai salah satu balon Bupati Asahan yang telah mendaftar di Partai Golkar. “Saya akan segera sampaikan aspirasi ini ke pak Taupik,”katanya. 

Dia menegaskan sangat menyambut baik aspirasi masyarakat yang disampaikan tersebut dan mengucapkan terima kasihnya kepada tim tujuh ini atas kepercayaannya untuk menyampaikan aspirasi itu ke Partai Golkar. 

Efi menegaskan, meski Taufik sebagai kader Partai Golkar namun sejauh ini Partai Golkar belum menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Asahan. Golkar masih dalam tahapan-tahapan survey atas sejumlah nama yang telah mendaftar ke Partai Golkar. “Survey pertama telah selesai, sebentar lagi kita akan memasuki survey kedua,”ujarnya. 

Menurutnya, moment pengajuan Petisi ini sangat pas sehingga pada saat pelaksanaan survey kedua Sofyan Marpaung termasuk balon yang akan disurvey. Ketua Partai Golkar Asahan ini juga menyatakan sepakat atas penilaian tim tujuh tersebut terhadap sosok Sofyan Marpaung. 

“Beliau adalah sosok yang punya banyak ide dan terobosan-terobosan. Saya tahu sendiri tuh banyak terobosan-terobosan yang telah dilakukannya selama dia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Asahan,”kata Efi. 

Namun dia menegaskan, soal keputusan siapa yang akan dipasangkan nanti dalam Pilkada Asahan Tahun 2024, antara siapa dengan siapa semuanya tergantung dari keputusan DPP Partai Golkar, ungkapnya. (Dolly Simbolon)