Tempat Kaderisasi Terbaik, AMN Manado Lahirkan Generasi Bangsa Berkualitas

6

Oleh : Nuri Manangka 

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado dinilai mampu melahirkan para pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang sangat bermutu. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu tempat kaderisasi terbaik untuk anak muda.

Pemerintah melalui Badan Intelijen Negara (BIN) dan para stakeholder lainnya terus mengomptimalkan pembangunan AMN di Manado dalam rangka memberdayakan Pemuda. Pasalnya, di dalam AMN Manado, para pemuda selaku penerus generasi bangsa tersebut mendapatkan banyak sekali bekal dan didikan untuk menjadikan mereka sebagai anak muda bermutu dan sanggup menjadi pemimpin bangsa kelak di kemudian hari.

Untuk itu, jangan ragu lagi mendaftarkan diri dan menjadi bagian dari kaderisasi pemuda bermutu dalam program AMN Manado binaan BIN. Eksistensi dari Asrama Mahasiswa Nusantara selaku program inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut sebelumnya juga sudah sangat berhasil di Kota Pahlawan Surabaya.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya BIN untuk menjadikan para generasi muda penerus bangsa, khususnya di kawasan Manado dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) supaya mampu mengejar ketertinggalan dan menjadikan anak bangsa di seluruh wilayah Indonesia bisa setara.

Dengan bergabung menjadi salah satu anggota Asrama Mahasiswa Nusantara kemajuan ilmu pengetahuan para pemuda akan terjadi, termasuk juga pada sektor ekonomi hingga kehidupan sosial di masyarakat.

Tidak hanya menjadi sebuah hunian yang membawa banyak sekali fasilitas lengkap di dalamnya, namun gedung asrama yang berdiri di atas lahan seluas 5 (lima) hektare tersebut, sekaligus menjadikan para generasi muda mampu bertahan menghadapi besarnya tantangan peradaban di jaman modern seperti sekarang ini.

Di tengah kemajuan era informasi, teknologi dan komunikasi yang pesat, seluruh masyarakat mampu dengan sangat mudah mengakses berbagai macam jenis informasi bahkan tanpa tersaring, termasuk adanya ancaman masuknya budaya asing sehingga menggerus nilai-nilai karakter bangsa sendiri.

Untuk itu, sangat penting bagi para pemuda sebagai penerus generasi bangsa untuk memiliki benteng yang kuat, yakni penanaman nilai dan karakter berwawasan kebangsaan supaya mereka tidak mudah terjerumus dalam arus globalisasi yang sangat rawan menggerus kepribadian nasional individu muda.

Meski belakangan ini memang sudah banyak berdiri lembaga pendidikan yang berfokus pada anak muda, namun tentunya hal tersebut perlu dibarengi pula dengan peningkatan kualitas agar para generasi muda penerus bangsa itu mampu meraih prestasi yang membanggakan.

AMN Manado sendiri sebagai salah satu tempat terbaik yang memiliki banyak para pendidik berpengalaman dan berkualitas untuk menggerakkan serta meningkatkan mutu layanan pendidikan. 

Memang, pendidikan merupakan salah satu alat untuk semakin mengembangkan anak bangsa agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena itu, lantaran betapa pentingnya sektor pendidikan, maka seluruh pihak berkewajiban pula untuk mendukung penuh peningkatan sektor tersebut dengan banyaknya fasilitas yang memadai.

Salah satu upaya untuk memberikan fasilitas penunjang pada sektor pendidikan yang sangat memadai bagi para generasi muda tersebut datang dari Badan Intelijen Negara, yakni membangun sebuah hunian yang berbasis pada pengembangan karakter anak bangsa.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan dari pembangunan AMN Manado yakni sebagai wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, berbagai bahasa, budaya, agama yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia dan juga beragam Perguruan Tinggi.

Saat para generasi muda itu mampu hidup rukun berdampingan meski di tengah perbedaan yang sangat tinggi, maka tentunya mereka ke depannya akan siap untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) muda yang lebih bermutu, berintegritas dan memiliki karakter kebangsaan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sekdaprov Sulut) Steve HA Kepel menjelaskan bahwa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu bukan hanya sekedar bangunan fisik semata, namun juga sekaligus sebagai simbol komitmen kuat BIN terhadap pembangunan sumber daya manusia.

Melalui AMN Manado, lingkungan kondusif bagi seluruh mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia bisa tercipta untuk mereka belajar, berkreasi dan berkolaborasi demi kepentingan memajukan bangsa.

Di sisi lain, Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) AMN Manado, Badan Intelijen Negara, Idham Malik mengungkapkan bahwa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut sebagai yang kedua setelah sebelumnya di Surabaya. Gedung yang berdiri di atas lahan seluas lima hektare itu untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi bangsa agar mereka bisa saling menghargai budaya masing-masing.

Bukan hanya itu, namun para pemuda tersebut juga bisa saling menjaga kerukunan, kekompakan, dan semakin memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan seluruh pembekalan dan didikan tersebut, maka menjadikan AMN sebagai salah satu tempat kaderisasi terbaik yang mampu melahirkan para generasi muda penerus bangsa yang bermutu tinggi bahkan bertaraf dunia, namun tetap menjunjung nilai kebangsaan yang erat di dalam jiwa mereka.

 Penulis adalah Mahasiswa Universitas Nusantara Manado