Bobby Nasution Ingin Kehadiran IKAPTK Dapat Tingkatkan SDM Pemko Medan dan Layanan Masyarakat

10

Medan-Intipnews.com: Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) harus bisa berkontribusi nyata untuk melayani dan mengayomi masyarakat serta me-manage sistem pemerintahan demi menjadikan SDM yang unggul guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

Harapan ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution (Foto) saat menghadiri Pelantikan Dewan Pengurus Kota (DPK) IKAPTK Kota Medan di Grand Mercure Medan, Jumat (2/2) malam.

Dikatakan Bobby Nasution, sejumlah jabatan eselon 2 di lingkungan Pemko Medan tidak hanya diisi oleh orang – orang yang paham akan teknis tapi juga alumni Institut  Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) selaku  lembaga pendidikan milik pemerintah yang  bergerak di bidang kepamongprajaan.

“Dengan SDM yang semakin baik, otomatis siapapun yang kita layani nantinya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi IKAPTK Kota Medan dan Pemko Medan,” kata Bobby Nasution yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu.

Dihadapan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Ketua DWP Kota Medan Ny Ismiralda dan unsur Forkopimda Kota Medan, Bobby Nasution selanjutnya menyatakan optimisnya, Pemko Medan tidak kekurangan orang pintar tapi kita butuh orang yang bisa memanajemen. 

“Saya yakin alumni IPDN mampu memanajemen sistem pemerintahan baik dari sisi organisasi ataupun SDM nya. Sehingga nantinya dapat membanggakan organisasi itu sendiri,” ungkapnya.

Menantu Presiden Joko Widodo ini kemudian berharap, IKAPTK yang diketuai Rakhmat Adisyah Putra Harahap ini harus menjadi IKAPTK yang unggul. Dengan demikian, harapnya, dapat memperbaiki SDM yang ada di Pemko Medan serta dapat memperbaiki layanan kepada masyarakat Kota Medan.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus DPK IKAPTK Kota Medan yang baru dilantik. Semoga amanah dalam menjalankan amanah yang baru dan dapat membawa kebaikan baik kepada yang baru dilantik maupun seluruh masyarakat Kota Medan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman mengatakan, cukup banyak tempat strategis yang dipercayakan kepada para alumni IPDN tapi kualitasnya belum sesuai yang diharapkan Wali Kota Medan. Salah satunya, jelasnya, terkait program pendataan yang telah disampaikan oleh Wali Kota Medan sebagai salah satu visi misi pada saat masa kampanye lalu.

“Alumni IPDN ini harus membantu Pak Wali  agar kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat Kota Medan semakin baik. Mari  kita ciptakan dan desain program kerja, tapi lakukan perencanaan secara mendetail agar tidak terjerat hukum. Sebab, alumni IPDN bersekolah untuk mengelola tata kelola pemerintahan ini,” ungkap Aulia Rachman.

Sebelumnya, pengurus DPK IKAPTK Kota Medan periode 2023-2026 dilantik langsung oleh Ketua DPP IKAPTK Sumut Faisal Arif Nasution dengan susunan pengurus di antaranya Ketua Rakhmat Adisyah Putra Harahap, Sekretaris Sutan Tolang Lubis, dan Bendahara Topan Obaja Putra Ginting serta dibantu oleh wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara dan bidang-bidang.

Sementara itu Ketua DPK IKAPTK Kota Medan Rakhmat Adisyah Putra Harahap dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wali Kota Medan selaku Pembina IKAPTK Kota Medan yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada anggota IKAPTK Kota Medan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Medan.

Rakhmat menyebutkan, saat ini jumlah anggota IKAPTK Kota Medan sebanyak 272 orang. Seluruh anggota IKAPTK jelasnya,  memiliki dua tugas penting di antaranya menjadi laboratorium mini pemerintahan guna membantu Kepala Daerah untuk memberikan saran dan masukan dalam rangka mensukseskan visi dan misi pemerintah.

“Selain itu tugas selanjutnya ialah mempererat silaturahmi antar alumni dan membangun kolaborasi dengan alumni lainnya sehingga tidak ada kesan eksklusif yang berlebihan,” papar Rakhmat.Itp05