Ikuti Pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia di Sumut, PPKI Perkenalkan Budaya di Sumut Bersama 38 Propinsi di Indonesia

57

Medan-Intipnews.com: Pemilihan Putera-Puteri Kebudayaan Indonesia di Sumatera Utara diselenggarakan oleh Yayasan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia (PPKI) bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara, November 2024 mendatang. Perhelatan besar ini wujud komitmen Yayasan PPKI dalam menjaga kebudayaan dan mengembangkan wisata di Indonesia, termasuk destinasi di Sumatera Utara (Sumut). 

“Kita akan melakukan pemilihan putera puteri kebudayaan Indonesia yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Provinsi Sumatera Utara, ” ujar Chief Executive Officer (CEO) Yayasan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia M Satrio Nusantara (Foto) dalam konferensi pers di Medan, Jumat (26/1/2024).

Dikatakan M Satrio Nusantara, keputusan menjadikan Sumut tempat pengadaan grand final guna memberikan motivasi kepada pemuda pemudi Sumut turut berpartisipasi mengeksplorasi kebudayaan di Sumut agar lebih dikenal. 

Sebelum memutuskan Sumut tempat grand Final,  lanjutnya, delegasi PPKI sudah terlebih dahulu turun ke beberapa tempat destinasi di Sumut, yakni ke Danau Toba. Dari hasil tourdi wilayah Danau Toba PPKI mendapat suatu hal yang baru. “Maka kita fokuskan pengembangan destinasi wisata  dan etnis yang cukup ragam di Sumut. Danau Toba cukup keren,  punya daya tarik tersendiri dan kita jadikan super prioritas,” imbuhnya.

Satrio Nusantara menambahkan,  untuk mengampanyekan sadar budaya memperkenalkan budaya di Sumut bersama 38 Propinsi di Indonesia, Yayasan PPKI nantinya akan menggandeng pelaku UMKM sehingga dapat mempromosikan dan meningkatkan usaha produk khas daerah. 

Pada kesempatan itu, Satrio menyanpaikan, pendaftaran Putera Puteri Kebudayan Indonesia 2024 dibuka mulai tanggal 25 januari – 25 Mei untuk gelombang satu. 

“Sedangkan untuk gelombang kedua silahkan pantengin sosmed kita dan bisa follow instagram official kita di @officialputeraputerikebudayaan,” terang Satrio.

Grand Winner Putera Kebudayaan Indonesia 2023 M Rohit Rendra yang ikut dalam konferensi pers mengungkapkan kekaguman pada destinasi Danau Toba. 

“Saya tertarik suku batak dengan nyanyian trio nya. Juga unik syuting film berbahasa batak dengan lokasi syuting wilayah DanaumToba. Saya kagum dengan wisata di Danau Toba,” sebut Rendra. 

Dikatakannya, PPKI terus meningkatkan rasa nasionalisme kepada pemuda/i sekaligus mempertahankan eksistensi kebudayaan Indonesia. “Ayo pemuda, bersama memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia,” katanya.

Sedangkan Grand Winner Puteri Kebudayaan Indonesia 2023 Najhan Kemuning Harum Pratiwi menyampaikan pesan kepada pemuda agar turut andil memperkenalkan budaya dan pariwisata yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Mari kita jaga wisata dan budaya. Budaya jandan sampai tergerus, ” ajaknya. 

Sebelumnya, Kabid Pengembangan Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara, Sylvia Rosita Armayanti Lubis, S.Sos, M.SP menyampaikan, pihaknya sangat senang bekerjasama dengan Yayasan PPKI menyelenggarakan Pemilihan Putera-Puteri Indonesia 2024 dan  melakukan tour ke destinasi di Sumut.

Silvia Rosita mengaku siap bekerjasama dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia.Itp05