Lihat Potensi Besar Keberhasilan Program bagi Pemuda, Pj Bupati Nagan Raya Dukung Penuh AMANAH

6
Oplus_131072

Oleh: Teuku Iskandar

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas menegaskan dukungan penuhnya pada program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) karena melihat potensi sangat besar akan keberhasilan agenda tersebut bagi para pemuda penerus generasi bangsa.

Potensi terlihat sangat besar akan keberhasilan program AMANAH bagi para pemuda, terlebih karena agenda tersebut merupakan inisiasi dari Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI), yang mana selama ini menjadi salah satu lembaga paling concern di bidang pemberdayaan pemuda melalui banyaknya gagasan mereka.

Terlebih, ketika program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) berhasil terwujudkan, maka seluruh potensi yang para pemuda Negeri Rencong itu miliki jelas akan terasah dan terealisasikan dengan sangat optimal.

Hal ini membuat Pj Bupati Nagan Raya Provinsi Aceh, Firtiany Farhas mendukung penuh berlangsungnya program inisiasi BIN RI tersebut. Menurutnya, kegiatan demikian yang menyasar para anak muda menjadi sangat diperlukan.

Bukan tanpa alasan, pasalnya para pemuda sendiri merupakan aset dari suatu bangsa dan negara, oleh karenanya mereka memang harus mendapatkan bekal yang tepat berupa banyak ilmu pengetahuan dan juga keterampilan serta mereka harus memiliki kompetensi untuk membawa daerahnya ke arah yang lebih maju lagi.

Dukungan juga datang dari banyak pihak lainnya seperti pemerintah, swasta hingga masyarakat setempat. Mereka semua bersinergi dalam mendukung penuh berlakunya program AMANAH agar para pemuda di Serambi Mekkah itu bisa mempersiapkan diri mereka secara matang dalam menyalurkan seluruh inovasinya agar siap menghadapi persaingan pada kancah dunia.

Saat semua pihak mendukung penuh berlangsungnya program inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu, maka sama saja juga ikut andil dalam lahirnya para generasi muda di Aceh yang unggul dan hebat, sehingga mereka mampu menjadi penopan akan perekonomian Negeri Rencong itu di masa yang akan datang.

Program AMANAH mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) muda yang unggul dan hebat di Aceh, termasuk di Kabupaten Nagan Raya dengan terus mengembangkan potensi para generasi muda itu dari berbagai sektor seperti perikanan, pertanian bahkan pada bidang IT dan juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sejatinya sumber daya alam (SDA) di Aceh sangat berlimpah ruah, namun jelas seluruhnya tidak akan bisa optimal berkembang apabila tidak mendapatkan dukungan oleh adanya peningkatan kualitas SDM muda yang mumpuni. Dengan kata lain, meski SDA banyak juga tidak akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah jika tidak terkelola dengan baik.

Maka dari itu, pengelolaan sumber daya alam yang melimpah di Negeri Rencong itu akan terwujud dengan sangat optimal dengan bergeraknya para anak muda di sana yang memiliki banyak ide kreatif tinggi serta potensi besar mereka.

Sebagai informasi, Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) sendiri merupakan sebuah agenda pemberdayaan para generasi muda di Serambi Mekkah gagasan Badan Intelijen Negara dengan menyediakan dan mendukung penuh ketersediaan fasilitas secara nyata untuk pelaku UMKM, industri kreatif maupun para pemuda dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian daerah dan juga sebagai wadah anak muda untuk menyalurkan banyak ide kreatif serta aspirasi mereka.

Pemuda merupakan individu yang secara fisik hingga psikis atau emosional memang sedang mengalami perkembangan. Dengan sifat tersebut, menjadikan generasi muda merupakan sumber daya manusia (SDM) pembangunan entah itu saat ini ataupun di masa depan. Mereka merupakan calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya.

Selain itu, pemuda juga merupakan individu yang memiliki karakter dinamis, bahkan bergejolak dan optimis. Akan tetapi seluruh kelebihan yang mereka miliki tersebut tidak disertai dengan adanya pengendalian emosi stabil. Maka dari itu, penting adanya sarana yang tepat untuk membimbing mereka.

Ketika ada bimbingan yang tepat, maka generasi muda yang akan menghadapi masa perubahan baik secara sosial maupun kultural itu akan memiliki semangat bagi terwujudnya pembaharuan secara progresif.

Peranan penting para generasi muda itu bahkan sejak awal masa kemerdekaan Indonesia sudah sangat besar. Untuk itu, dalam sejarah peradaban bangsa, mereka merupakan aset berharga yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya.

Tidak berlebihan pula jika menyebutkan bahwa bagaimana kemajuan atau kehancuran suatu bangsa dan negara, seluruhnya sangat bergantung pada bagaimana peranan serta sikap dari kaum mudanya sebagai agent of change (agen perubahan). Sejauh ini, dalam setiap perkembangan dan pergantian peradaban memang selalu ada darah muda yang memeloporinya.

Melihat bagaimana sangat luar biasanya potensi besar yang para pemuda itu miliki, maka tentu juga sangat penting adanya sebuah wadah dan program yang tepat untuk mengarahkan mereka. Sehingga adanya Program AMANAH oleh BIN patut mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak.

 Mahasiswa asal Aceh tinggal di Surabaya