Pemda Aceh Dukung Penuh BIN Gagas Program Pemberdayaan Pemuda Melalui AMANAH

9
Oplus_131072

Oleh: Zulfikar Ahmad

Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh mendukung penuh upaya Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) untuk menggagas program pemberdayaan pemuda melalui program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH).

Keberlangsungan Program AMANAH memang merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pemberdayaan kepada para generasi muda penerus bangsa, khususnya pemuda di Aceh.

Pasalnya, sejatinya tentu para pemuda di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Aceh, pasti memiliki bakat atau potensi mereka masing-masing. Namun kadangkala bakat atau potensi tersebut belum terasah atau kelihatan secara nyata, sehingga menjadi sangat penting adanya upaya dukungan serta dorongan kuat agar menjadikan para anak muda tumbuh menjadi sosok individu yang unggul dan hebat.

Terkait dengan bagaimana pentingnya terdapat dukungan serta dorongan bagi perkembangan para pemuda di Indonesia, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), M. Asrorun Ni’am menuturkan bahwa para anak muda di Tanah Air tentu bisa saja menjadi generasi yang mandiri melalui beragam cara.

Kemandirian dari para penerus generasi bangsa tersebut akan terwujud dengan adanya kemandirian ekonomi dan kemandirian sosial dari daerah yang mereka huni. Salah satu yang menandakan akan terlahirnya kemandirian tersebut yakni dengan bermunculan banyaknya inovasi.

Selain itu, jika dari para pemudanya sendiri memiliki jiwa kewirausahaan dan juga mereka mampu terus memaksimalkan kreativitasnya, maka hal tersebut menjadi salah satu wujud nyata dari upaya membangun kemandirian bangsa dengan pembangunan kemandirian individu para generasi muda.

Terdapat korelasi yang nyata antara kemandirian bangsa dengan semangat kewirausahaan. Korelasi tersebut dapat semakin memacu meningkatnya semangat kreativitas dan juga lahirnya inovasi dari para generasi muda, sehingga bisa menghasilkan nilai tambah bagi berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan budaya.

Dengan adanya Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN), maka akan bisa memberikan ruang bagi para generasi muda penerus bangsa untuk terus tumbuh dan berkembang dengan jauh lebih baik lagi.

Mereka semua akan mendapatkan banyak sekali binaan dan didikan agar bisa menjadi orang yang sukses, tidak hanya cukup dengan penguasaan akan ilmu pengetahuan atau dalam dunia akademik saja, namun para anak muda tersebut juga akan mendapatkan banyak peningkatan kemampuan atau skill.

Berbagai macam pelatihan dalam Program AMANAH kepada para anak muda tersebut akan memberikan serta mendatangkan banyak sekali kontribusi secara nyata sekaligus memberikan generasi muda tersebut ruang akan kemandirian.

Program inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya untuk melakukan pemberdayaan kepada para generasi muda penerus bangsa agar mereka bisa terus konsisten mewujudkan proses pembangunan yang berkelanjutan demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Seluruh pihak dari berbagai elemen tentunya harus terus menunjukkan komitmen bersama demi menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik. Menurut Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Lestari Moerdijat bahwa sinergitas dalam strategi pemberdayaan kepada para pemuda harus terus mengalami peningkatan.

Hal yang penting dan patut mendapatkan dorongan secara bersama-sama adalah bagaomana upaya untuk tidak hanya mendorong generasi muda bangsa pada satu sektor tertentu saja, melainkan lebih dari itu, yakni bagaimana caranya untuk membuka lebih banyak lagi kanal agar beragam kemampuan mereka mampu terasah dan dapat terwujudkan di segala bidang kehidupan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan penuhnya pada program inisiasi BIN, yakni Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH).

Dukungan penuh dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh tersebut lantaran adanya potensi sangat besar dari program yang memang khusus untuk berfokus mengembangkan para pemuda itu. Dengan adanya dorongan penuh kepada para generasi muda di wilayah berjuluk Negeri Rencong tersebut, maka akan membantu terwujudnya pemerataan perekonomian.

Terlebih, pemuda sendiri sejatinya merupakan aset bangsa dan negara yang memang harus mendapatkan banyak bekal seperti ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga kompetensi sehingga di tangan para anak muda tersebut, kebangkitan Aceh ke arah yang lebih maju dan sejahtera mampu terwujud dengan nyata.

Sangat penting juga adanya dukungan penuh dari berbagai pihak lintas elemen seperti pemerintah, swasta ataupun masyarakat untuk saling melakukan sinergi dalam mendukung keberlakuan Program AMANAH. Karena dengan kolaborasi antar pihak tersebut dapat semakin membantu para anak muda Aceh untuk mempersiapkan diri mereka secara matang dalam menyalurkan beragam inovasi sehingga bisa menghadapi persaingan global.

Banyaknya manfaat sangat positif dari adanya program pemberdayaan pemuda gagasan dari Badan Intelijen Negara (BIN), yakni Program AMANAH, menjadikan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh memberikan dukungan penuhnya.

 Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)