Pleno KPU Toba Menetapkan Perhitungan Suara Pemilu 2024, PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak Disusul Partai Golkar

72

Toba-Intipnews.com : Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba berakhir hari ini,Kamis malam atau Jumat subuh, (01/03/2024), dengan perhitungan suara di 4 Kecamatan. 

Keempat Kecamatan itu,yakni Kecamatan Bonatua Lunasi, Lumban Julu, Pintu Pohan Meranti dan Kecamatan Laguboti.

Rapat pleno yang digelar selama 3(tiga) hari ini, sebelumnya, Selasa 27 Februari 2024 perhitungan di 6 Kecamatan, yakni Kecamatan Sigumpar, Habinsaran, Nassau, Siantar Narumonda, Silaen dan Kecamatan Tampahan.

Ketua KPU Toba Sugar Fernando Sibarani SE didampingi para anggota KPU masing-masing kiri-kanan Erikson Sitorus SH, Helderia Purba dan Posman Naiborhu pada acara pleno KPU di Gedung KPU Toba (Foto).

Kemudian dilanjuti esok harinya, Rabu 28 Februari, acara perhitungan suara dari 6 Kecamatan,yakni 6 Kecamatan, masing-masing Kecamatan Porsea, Borbor, Ajibata, Parmaksian,Balige dan Kecamatan Uluan.

Dihadiri Para Pimpinan atau utusan Parpol, Pemkab Toba, Porkofimda, PPK 16 Kecamatan se-Toba dan Bawaslu Kabupaten Toba, Pleno yang dipimpin Ketua KPU Sugar Fernando Sibarani beberapa kali terpaksa menskor rapat karena para utusan Parpol dan saksi serta Bawaslu interupsi.

Jalannya hari terakhir pleno disebabkan rapat yang alot,sehingga pembukaan bilik suara pun terjadi pada malam hari Kamis yang berujung perhitungan ulang sebanyak 4 TPS.

Ke empat TPS itu keseluruhannya di Kecamatan Pintupohan Meranti, TPS 001 di Meranti Utara, TPS 001 Desa Halado, TPS 003 Desa Meranti Timur dan TPS 001 Desa Ambar Halim.

Perhitungan ulang ini terjadi karena jumlah suara perolehan kursi internal partai,sebelumnya sudah diupayakan para pihak dan Panwaslu, akan tetapi tidak diindahkan pihak penyelenggara Kecamatan (PPK) ketika rekap masih di Kecamatan.

Usai perhitungan ulang, hasil rekapitulasi ulang, ternyata tidak membuahkan hasil perubahan jumlah suara, hanya saja salah letak tulisan dalam form C1.

Pleno penetapan hasil perhitungan suara Legislatif Pemilu 2024, Suara terbesar diraih Partai PDI Perjuangan dengan suara sebanyak 28.511 suara, disusul Partai Golkar memperoleh suara sebanyak 17.684 suara, Gerindra, Nasdem dan Perindo, Partai Demokrat dan Partai PSI. Itp Mantap