Program Unggulan AMANAH Bertujuan Majukan Ekonomi Masyarakat 

2
Oplus_131072

Oleh : Tengku Abdullah 

Seluruh program unggulan dalam Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) memiliki tujuan utama, yakni dalam rangka mampu memajukan perekonomian segenap masyarakat. Pasalnya, banyak sekali program sangat bermanfaat yang mampu terus mengasah generasi muda penerus bangsa dan juga memberikan mereka panggung atau kesempatan untuk terus mengembangkan karyanya.

Ketika seluruh pemuda itu mendapatkan dukungan yang sangat maksimal, maka bukan tidak mungkin mereka akan menjadi penggerak atau tonggak bagi kemajuan ekonomi di masyarakatnya dengan menggunakan seluruh keunggulan, potensi serta bakat yang pemuda itu miliki.

Lantaran sejatinya seluruh generasi muda penerus bangsa di Indonesia ini memiliki bakat atau potensi yang sungguh sangat luar biasa, namun sayang sekali seringkali mereka tidak memiliki wadah yang mampu menyalurkan itu semua, maka pemerintah kemudian merealisasikan berbagai macam program unggulan melalui AMANAH.

Beberapa dari program unggulan yang belakangan ini tengah berjalan di AMANAH, yakni adanya kegiatan Aceh Carnival dan juga kompetisi model. Kedua program tersebut berfungsi sebagai wadah bagi para generasi muda penerus bangsa sehingga mereka mampu menampilkan seluruh minat dan bakatnya.

Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat AMANAH mengadakan kegiatan dengan membuka kompetisi model yang menjadi salah satu bentuk wadah nyata bagi anak muda di daerah berjuluk Negeri Rencong tersebut, khususnya bagi mereka yang memang memiliki minat dan bakat di bidang tersebut agar bisa semakin mengalami pengembangan.

Pendaftaran kompetisi model sendiri mulai pada tanggal 16 hingga 26 Juni 2024 dengan adanya beragam kategori di dalamnya seperti model cover, catwalk, busana casual dan juga busana malam terbaik.

Tidak cukup sampai di sana, namun terdapat program lagi yang AMANAH laksanakan baru-baru ini, yakni pada tanggal 17 hingga 26 Juni 2024 adanya pendaftaran Aceh Carnival yang membantu para anak muda setempat untuk bisa jauh lebih mengenal, mencintai serta turut andil secara aktif dalam mempromosikan seni dan budaya lokal yang mereka miliki.

Sosialisasi akan beragam program unggulan Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat juga terus berlangsung, dengan tujuan untuk mencakup sebanyak mungkin generasi muda penerus di Aceh, khususnya mereka dari berbagai bidang ekonomi kreatif.

Salah seorang volunteer AMANAH, Atha Fayyadh mengatakan keberadaan program tersebut merupakan salah satu program unggulan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam bidang pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada beberapa sektor sekaligus seperti perikanan, pertanian hingga ekonomi dan lain sebagainya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh memberikan dukungan penuhnya atas program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut sebagai program pemberdayaan bagi seluruh generasi muda penerus Aceh gagasan Badan Intelijen Negara (BIN).

Potensi yang program AMANAH miliki jelas sangatlah besar, utamanya karena kegiatan tersebut menyasar kepada pemberdayaan bagi anak muda. Tentunya adanya generasi muda yang semakin berdaya dan memiliki daya saing tinggi adalah hal yang sangat setiap daerah butuhkan, termasuk Aceh.

Terlebih mengingat bahwa daerah tersebut saat ini merupakan salah satu wilayah yang miskin di Sumatera. Sehingga ketika terjadi peningkatan daya saing dari sumber daya manusia (SDM) mudanya, bukan tidak mungkin akan mengangkat harkat dan derajat untuk mengentaskan dari jerat kemiskinan.

Gedung Pusat AMANAH merupakan bentuk penyediaan dan dukungan penuh akan fasilitas secara nyata bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), industri kreatif, maupun para pemuda dalam rangka untuk terus meningkatkan perekonomian di daerah berjuluk Serambi Mekkah serta sebagai wadah untuk menyalurkan segala bentuk ide, kreativitas dan aspirasi mereka.

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas menilai bahwa seluruh pemuda merupakan aset bangsa dan negara, oleh karenanya sudah barang tentu mereka semua harus memiliki bekal dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan juga keterampilan serta memiliki kompetensi untuk membawa daerahnya menuju ke arah yang jauh lebih maju.

Sementara itu, Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan bahwa program AMANAH memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan dan pembinaan bagi para pelaku UMKM dengan melibatkan para mentor yang sudah sangat terlatih di berbagai bidang usaha.

Banyaknya kreativitas dan juga inovasi, serta minat yang besar dari para anak muda Aceh pada berbagai bidang seperti fashion, industri kreatiof, peternakan, perikanan dan sebagainya tentu akan menjadi hal yang sangat luar biasa apabila mendapatkan binaan yang tepat.

Kehadiran program AMANAH yang diinisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan sangat membantu peningkatan perekonomian bagi masyarakat berkat seluruh program unggulannya. Masyarakat juga diimbau untuk senantiasa menyukseskan program tersebut agar talenta generasi muda dapat terus berkembang demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 Penulis adalah mahasiswa Aceh tinggal di Bandung