Rapat Kerja Daerah  DEKRANASDA Provinsi Sumut, Daerah Harus Punya Produk Unggulan

40

Binjai-Intipnews.com: Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Binjai Nurhayati Amir Hamzah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat Yushilda Usman, S.Sos, M.AP serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai Drs. H. Hamdani Hasibuan menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (15/1). 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Sumut Dessy Hassanudin dan dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sumut, para Kepala OPD Pemprov Sumut, Pimpinan BUMN dan BUMD, dan para pengurus Dekranasda.

Ketua Dekranasda Provsu menyampaikan keinginannya agar setiap kabupaten/kota mempunyai produk unggulan. Karena produk unggulan tersebut bisa menjadi ciri khas bagi suatu daerah.

“Kalau daerah tidak mempunyai produk unggulan, artinya tidak memiliki target. Jadi, dengan adanya produk unggulan maka masing-masing daerah mempunyai kreativitas. Apalagi sebentar lagi akan diadakan kegiatan besar PON. Tentu ini menjadi momen agar setiap daerah dapat memperkenalkan produk unggulannya,” ujarnya.

Ketua Dekranasda Provsu ini juga berharap penyelenggaraan Raker Dekranasda Sumut tahun ini dapat menjadi sarana komunikasi, koordinasi, serta sinkronisasi seluruh pemangku kepentingan, untuk menyelaraskan persepsi dalam pembinaan dan pengembangan industri kerajinan berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Dekranas.

“Saya berharap Dekranasda dapat meningkatkan hubungan kemitraan dengan berbagai pihak, guna mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan dan membangun ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi yang ada di Sumut. Dan semoga UKM binaan Dekranasda seluruhnya dapat mengembangkan pasar kerajinan dengan memanfaatkan teknologi digital,” harap Ketua Dekranasda Provsu.( itp.04)