Rupiah Melemah Dekati 15.700 Per US Dolar, IHSG Ditutup Menguat

10

Medan-Intipnews.com: Kinerja mata uang Rupiah kembali melemah pada perdagangan hari ini. Rupiah ditutup turun di level 15.680 per US Dolarnya. Kinerja mata uang Rupiah mengalami tekanan selama sesi perdagangan hari ini. Pada dasarnya pelemahan mata uang rupiah tidak sendirian. Di sesi perdagangan asia, US Dolar juga terpantau mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang seperti Yen Jepang, Dolar Singapura, hingga yuan China.

Sejauh ini ungkap Ketua Pemantau Pangan Sumateea Utara Gunawan Benjamin, US Dolar memang bisa saja diuntungkan dengan rilis data inflasi AS pada perdagangan besok. Itu kalau data inflasinya menggiring sikap hawkish pejabat Bank Sentral AS. Atau data pertumbuhan ekonomi AS yang bisa saja lebih baik dari ekspektasi, sekalipun realisasinya tetap mengalami perlambatan, Rabu (28/2/2024) di ruang kerjanya.

Disisi lain, IHSG pada perdagangan hari ini bergerak berbeda dengan sejumlah bursa di Asia yang mengalami tekanan cukup signifikan. Bursa hang seng mengalami tekanan dan ditutup melemah 1.59%, sementara bursa saham shanghai mengalami pelemahan sebesar 1.91%. Pelemahan bursa hang seng seiring dengan kebijakan pemerintah Hongkong yang membatalkan pengetatan sektor property nya.

“IHSG sendiri ditutup menguat 0.59% di level 7.328,64. Kinerja IHSG berlawanan arah dengan sejumlah bursa di asia lainnya, yang disinyalir dipicu oleh faktor teknikal setelah IHSG mengalami tekanan di sesi perdagangan sebelumnya. IHSG sendiri juga belum mendapatkan dorongan fundamental khususnya sentiment dari tanah air di pekan ini,”sebutnya.

Rilis data inflasi tanah air pad abulan februari yang berpeluang mengalami kenaikan justru menjadi gambaran bawa IHSG masih rawan tertekan. Terlebih mata uang Rupiah yang juga berada dalam tekanan akhir akhir ini. Sementara itu, harga emas juga kembali mengalami tekanan dan ditransaksikan lebih rendah di level $2.026 per ons troy. Dibandingkan pagi tadi dimana emas masih mampu diatas $2.030 per ons troynya.Itp05/r