187 Pelajar SMA-SMK se-Kabupaten Toba Ikuti Seleksi Anggota Paskibraka

11

Toba-Intipnews.com: Sebanyak 187 Siswa/i SMA/SMK se-Kabupaten Toba mengikuti seleksi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) tahun 2024. Seleksi ini dilakukan dalam 5 tahap, yang dimulai dengan seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan di SMK Negeri 2 Balige, Selasa (26/03/2024). 

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc (FOTO) membuka secara langsung tahapan seleksi tersebut dan menyampaikan arahan dan bimbingan kepada seluruh siswa/i peserta seleksi. “Kalian adalah calon-calon pemimpin bangsa yang berkarakter pancasila,” katanya kepada seluruh peserta. 

Selain memberi motivasi, Bupati Toba menyampaikan nasihat kepada para peserta agar terus disiplin dan bekerja keras, memiliki semangat juang dan mengutamakan kerjasama. 

“Jangan berharap jadi anggota Paskibraka kalau tidak disiplin. Miliki semangat juang yang kuat. Mampu untuk bekerjasama, jangan individualis. Selalu siap memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan,” pesannya. 

Selain soal disiplin dan semangat juang, Bupati juga mengingatkan para peserta agar memiliki mimpi dan rasa percaya diri untuk mencapai cita-cita. 

“Harus ada mimpi, kalau ada mimpi maka harus percaya. Kalau tidak percaya, tidak akan tercapai. Tidak cukup hanya percaya tetapi harus dikerjakan,” lanjutnya. 

20 peserta terpilih akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Nantinya 21 peserta terbaik akan dipilih. 19 diantaranya tetap di Kabupaten dan 2 terbaik akan dikirim ke Propinsi. Selanjutnya salah satu yang terbaik dari 2 yang dikirim ke Provinsi Sumatra Utara akan bertahan di sana, sementara yang 1 lagi akan kembali ke Kabupaten. Jadi nanti di Kabupaten berjumlah 20 orang,” kata Plt. Kaban Kesbangpol Kabupaten Toba, Lambok Siahaan SKM. 

Sebelumnya Yelvi Azwita, S.E MM,

Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP selaku mewakili  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan sejumlah arahan terkait pelaksanaan seleksi serta mengajak seluruh peserta mengikutinya menyebutkan salam Pancasila.

Seleksi Paskibraka berlangsung hingga 5 tahap. Tahap pertama adalah seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang berlangsung pada Selasa (26/03/2024). Tahap selanjutnya seleksi Inteligensia Umum pada Rabu (27/3/2024) di SMK N 2 Balige. 

Kemudian seleksi kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan tes parade) pada Rabu (2/04/2024) di Gedung Sentra Pemuda. Dilanjutkan seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan pada tanggal 3-4/4/2024 di Lapangan Kompi Yonif 125 Simbisa. Seleksi  terakhir adalah seleksi kepribadian yang meliputi wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial yang berlangsung 5 April 2024 di SKB Porsea.Itp MantapToba-Intipnews.com: Sebanyak 187 Siswa/i SMA/SMK se-Kabupaten Toba mengikuti seleksi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) tahun 2024. Seleksi ini dilakukan dalam 5 tahap, yang dimulai dengan seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan di SMK Negeri 2 Balige, Selasa (26/03/2024). 

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc (FOTO) membuka secara langsung tahapan seleksi tersebut dan menyampaikan arahan dan bimbingan kepada seluruh siswa/i peserta seleksi. “Kalian adalah calon-calon pemimpin bangsa yang berkarakter pancasila,” katanya kepada seluruh peserta. Selain memberi motivasi, Bupati Toba menyampaikan nasihat kepada para peserta agar terus disiplin dan bekerja keras, memiliki semangat juang dan mengutamakan kerjasama. “Jangan berharap jadi anggota Paskibraka kalau tidak disiplin. Miliki semangat juang yang kuat. Mampu untuk bekerjasama, jangan individualis. Selalu siap memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan,” pesannya. Selain soal disiplin dan semangat juang, Bupati juga mengingatkan para peserta agar memiliki mimpi dan rasa percaya diri untuk mencapai cita-cita. “Harus ada mimpi, kalau ada mimpi maka harus percaya. Kalau tidak percaya, tidak akan tercapai. Tidak cukup hanya percaya tetapi harus dikerjakan,” lanjutnya. 20 peserta terpilih akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada 17 Agustus 2024 mendatang.”Nantinya 21 peserta terbaik akan dipilih. 19 diantaranya tetap di Kabupaten dan 2 terbaik akan dikirim ke Propinsi. Selanjutnya salah satu yang terbaik dari 2 yang dikirim ke Provinsi Sumatra Utara akan bertahan di sana, sementara yang 1 lagi akan kembali ke Kabupaten. Jadi nanti di Kabupaten berjumlah 20 orang,” kata Plt. Kaban Kesbangpol Kabupaten Toba, Lambok Siahaan SKM. Sebelumnya Yelvi Azwita, S.E MM,Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP selaku mewakili  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan sejumlah arahan terkait pelaksanaan seleksi serta mengajak seluruh peserta mengikutinya menyebutkan salam Pancasila.Seleksi Paskibraka berlangsung hingga 5 tahap. Tahap pertama adalah seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang berlangsung pada Selasa (26/03/2024). Tahap selanjutnya seleksi Inteligensia Umum pada Rabu (27/3/2024) di SMK N 2 Balige. Kemudian seleksi kesehatan (pemeriksaan kesehatan dan tes parade) pada Rabu (2/04/2024) di Gedung Sentra Pemuda. Dilanjutkan seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan pada tanggal 3-4/4/2024 di Lapangan Kompi Yonif 125 Simbisa. Seleksi  terakhir adalah seleksi kepribadian yang meliputi wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial yang berlangsung 5 April 2024 di SKB Porsea.Itp Mantap