Asisten 3 Setdakab : Penebangan Liar dan Buang Sampah Sembarangan Bisa Akibatkan Bencana Banjir

7

Rantauprapat-Intipnews.com: Asisten 3 Administrasi Umum Setdakab Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos., MM., memimpin apel gabungan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, yang dilaksanakan di halaman kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan. (BKPP) Kabupaten Labuhanbatu, Senin (24/06/2024). (foto).

Dalam pidatonya, Zaid mengatakan bahwa bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami dan aktivitas manusia. Faktor penyebab bencana alam yang terjadi secara alami adalah berasal dari letusan gunung berapi gempa bumi dan tanah longsor.

*Sedangkan faktor bencana alam karena aktivitas manusia seperti penebangan liar dan membuang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan banjir sebagai bencana alam” katanya.

Dikatakan Zaid, bencana alam dapat diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran dalam diri masing-masing, terutama bencana alam yang terjadi akibat aktivitaa manusia.

“ Kita dapat memulai dari hal-hal kecil, seperti membiasakan atau membudidayakan prilaku membuang sampah ke tempatnya,” ucapnya.

Zaid menambahkan pemerintah juga harus berpartisipasi aktif dalam upaya mengatasi bencana alam khususnya bencana alam karena aktivitas manusia.

BPBD Labuhanbatu sendiri, kata Zaid, telah beberapa kali melakukan upaya pertolongan seperti penanganan banjir di Desa Sei Siarti, Kecamatan Panai Tengah.

“Saya menghimbau kepada perangkat daerah yang terkait dengan bencana alam agar berperan dan berpartisipasi aktif dalam menanggulangi bencana, misalnya dengan mempertegas sanksi bagi yang melanggar aturan, untuk tidak menebang pohon secara liar dan juga dapat memberikan teladan bagi masyarakat khususnya Kabupaten Labuhanbatu,” tegasnya.

Apel gabungan tersebut diikuti neberapa Kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, pejabat eselon 3 dan 4, pejabat fungsional, dan staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.(Itp AAT).