Asrama Mahasiswa Nusantara Jadi Tempat Terbaik Cetak Generasi Unggul Indonesia

4

Oleh : Lisa Rumaropen 

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) memang menjadi tempat terbaik untuk mencetak para generasi muda penerus bangsa yang unggul di seluruh pelosok Indonesia tanpa terkecuali. Keberadaan gedung inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut jelas akan mendatangkan pengaruh sangat signifikan.

Pasalnya, dalam gedung Asrama Mahasiswa Nusantara, para anak muda akan mendapatkan banyak sekali didikan, pelatihan dan juga gemblengan sehingga mengantarkan mereka menjadi generasi yang unggul di Indonesia.

Keberadaan generasi unggul di Indonesia sendiri juga merupakan hal yang sangat penting, karena dengan demikian maka bukan tidak mungkin menjadikan bangsa ini akan semakin maju dan berkembang ke depannya.

Pemerintah, melalui berbagai Kementerian dan Lembaga terkait seperti BIN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Agama (Kemenag) membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) dengan tujuan untuk merealisasikan implementasi dasar negara Pancasila dalam dunia pendidikan agar semakin masif.

Oleh karenanya, memang keberadaan AMN sendiri khusus bagi para putra dan putri dari berbagai macam wilayah di Indonesia. Gedung tersebut memang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dirikan untuk memfasilitasi seluruh mahasiswa mulai dari ujung Timur hingga ujung Barat Tanah Air.

Maka dari itu, setelah sebelumnya sukses besar dengan pembangunan AMN di Surabaya, kini Badan Intelijen Negara kembali melangsungkan pembangunan kedua di Manado, yang mana nantinya juga akan terus berlanjut hingga di berbagai titik lain seperti Makassar, Yogyakarta, Jakarta.

Untuk mencetak generasi unggul yang berasal dari kalangan pemuda atau mahasiswa, pemerintah memberikan mereka beasiswa secara penuh melalui LPDP dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selama berkuliah. Bukan hanya biaya kuliah saja, bahkan para generasi muda itu juga mendapatkan biaya hidup.

Tentunya dengan keberadaan AMN, termasuk di Surabaya dan Manado saat ini mampu membantu seluruh mahasiswa dari berbagai wilayah serta menjadi wujud nyata dari bagaimana bentuk perhatian pemerintah atas sumber daya manusia (SDM) muda di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Bekti menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas AMN di Manado terus berproses. Tak hanya itu, Kementerian PUPR bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra. Semua itu perlu dilaksanakan agar pembangunan dapat selesai tepat waktu.

Dengan adanya fasilitas yang sangat lengkap dan mumpuni kepada para mahasiswa itu, maka menjadikan tekad mereka dalam berkuliah menjadi jauh lebih tinggi dan mereka sangat bersungguh-sungguh untuk bisa menjadi orang yang sukses, sehingga nantinya jika sudah terjun ke tengah masyarakat secara langsung, maka mereka bisa membangun tanah kelahirannya sendiri.

Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan AMN Manado bertujuan untuk menyatukan seluruh putra dan putri dari berbagai wilayah di Indonesia dalam satu tempat tinggal yang sama. 

Sehingga ketika para anak muda itu mampu bertemu, dan bertempat tinggal dalam satu atap yang sama meski memiliki perbedaan latar belakang, mereka bisa semakin mempererat persatuan dan kesatuan serta menghasilkan gotong royong dalam membangun Tanah Air pada masa depan.

Tidak cukup hanya bertujuan untuk menjadikan para generasi muda itu saling mengenal adanya perbedaan antar satu sama lain saja, namun pemerintah melalui BIN juga terus memberikan banyak sekali bentuk didikan serta pelatihan wawasan kebangsaan sehingga mereka semua tumbuh sebagai generasi unggul.

Bukan tidak mungkin dengan berkumpulnya seluruh mahasiswa dari seluruh pelosok negeri dalam asrama tersebut, maka bangsa dan negara ini akan menjadi jauh lebih kuat lagi. Karena adanya kerukunan dan kekompakan akan mampu menjadi sebuah kekuatan besar.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. K.H. Yudian Wahyudi juga mengaku bahwa pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara adalah untuk mendidik para mahasiswa agar memiliki karakter Pancasila yang kuat. Oleh karena itu, dirinya memberikan apresiasi sangat besar pada pemerintah dan BIN dalam upayanya untuk membangun SDM Indonesia yang unggul.

AMN Manado menjadi tempat yang sangat baik sekali bagi para penghuninya, karena mereka semua akan terus mengalami pengasahan akan keterampilannya, kemudian yang terpenting adalah penumbuhan jiwa nasionalisme, bela negara hingga cita-cita untuk Indonesia.

Di sisi lain, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Steve HA Kepel juga turut memberikan apresiasi sangat tinggi atas semua pihak yang telah merealisasikan proyek pembangunan Asrama Mahasiswa di Manado, khususnya kepada Badan Intelijen Negara.

Pasalnya, pembangunan AMN Manado sendiri memang bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik semata, melainkan juga simbol bagaimana komitmen sangat kuat dari pemerintah dan BIN terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) muda dan unggul di Indonesia.

Tempat terbaik dari para generasi muda penerus bangsa untuk semakin meningkatkan kualitas diri mereka sehingga mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Indonesia adalah terletak dalam Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado. Hal tersebut lantaran di sana mereka akan menjumpai lingkungan yang sangat kondusif untuk terus belajar, berkreasi dan berkolaborasi.

Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Surabaya