Dinas Pertanian Labuhanbatu Sosialisasikan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

76

Rantauprapat-Intipnews.com:Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM, membuka kegiatan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian di Aula Hotel Platinum Rantauprapat, Rabu (12/06/2024).

Plt Bupati mengatakan, sebagian besar wilayah Kabupaten Labuhanbatu merupakan areal komoditas perkebunan terutama kelapa sawit. Sehingga bila ada permasalahan di sektor kelapa sawit, apakah sektor hulu maupun hilirnya, maka masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang akan merasakan dampaknya.

Oleh karena itu, masyarakat Kabupaten Labuhanbatu harus mampu mengelola komoditas sawit ini secara baik dan berkesinambungan, serta mampu meningkatkan kualitas usahanya, termasuk mengganti tanaman yang sudah tidak produktif lagi atau yang memiliki produktivitas rendah, melalui peremajaan kelapa sawit tentunya sesuai dengan tata cara budidaya yang baik.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung upaya yang dilakukan Dinas Pertanian, di mana telah ikut serta dan berkontribusi dalam program nasional sawit rakyat ini sehingga masyarakat Labuhanbatu dapat menerima manfaatnya, ” ujarnya.

Menurut Ellya Rosa, melalui program peremajaan sawit rakyat, masyarakat menerima bantuan peremajaan lahannya sebesar 30 juta per hektar, dan satu orang bisa mengusulkan maksimal 4 hektar.

“Kepada para Camat, Kepala Desa serta pekebun kelapa sawit yang hadir saat ini, saya berpesan agar informasi terkait peremajaan sawit rakyat hendaknya lebih disebarluaskan lagi” himbaunya.

Kepala Dinas Pertanian Agussalim Ritonga, SP, selaku pelaksana kegiatan hadir dalam kegiatan itu bersama beberapa Camat dan peserta sosialisasi lainnya.(foto). (Itp AAT).