Jelang Lebaran, Bank Sumut Siapkan Kebutuhan Kas Sebesar Rp 3,5 Triliun

14

Medan-Intipnews.com: Bank Sumut meningkatkan persediaan uang tunai dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang libur Idulfitri 1445 H. Adapun persediaan uang tunai yang disiapkan Bank Sumut mencapai Rp. 3,5 triliun.

Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi menjelaskan jumlah uang tunai yang disiapkan Bank Sumut telah mempertimbangkan beberapa indikator yaitu peningkatan transaksi melalui unit kantor Bank Sumut dan mengantisipasi peningkatan transaksi melalui 354 mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Utara, Jakarta, Pekanbaru dan juga Batam. 

“Kas yang disiapkan menjelang Idulfitri 1445H antara lain untuk kesiapan layanan ATM sebesar Rp 700 Milyar, lalu untuk memenuhi kebutuhan unit kantor operasional mencapai hampir Rp 2,8 Triliun dimana kebutuhan kantor operasional tersebut antara lain untuk pembayaran gaji dan pembayaran TPP di awal bulan April 2024 serta ditambah kebutuhan interkoneksi Bank,” ujar Babay melalui pers rilis,Selasa (2/4).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kesiapan kas tersebut dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah akan tersedianya uang di mesin ATM Bank Sumut. 

“Dengan ketersediaan ini, nasabah tidak perlu khawatir untuk melakukan penarikan uang di ATM,” tambah Babay.

Babay Parid Wazdi juga menjelaskan, selain kebutuhan kas tunai, nasabah Bank Sumut juga dapat memanfaatkan layanan digital Bank Sumut seperti aplikasi Sumut Mobile untuk penerapan transaksi non tunai.

”Meskipun libur cukup panjang selama Idulfitri 1445 Hijriah, namun nasabah tetap dapat memanfaatkan layanan digital maupun e channel Bank Sumut selama 24 jam,” ujar Babay

Adapun layanan tersebut meliputi layanan mobile Banking yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi nasabah diantaranya transfer, cek saldo maupun transaksi pembayaran lainnya.

Babay Parid Wazdi juga menghimbau nasabah Bank Sumut untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat modus kejahatan yang semakin beragam. Nasabah Bank Sumut juga dihimbau untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi termasuk nomor kartu, PIN ATM, OTP dan lainnya. Selain itu, nasabah Bank Sumut juga diminta untuk tidak mudah percaya untuk membuka, mengklik bahkan mendownload aplikasi yang tidak dikenal.

 “Bank Sumut juga tidak pernah meminta nasabah untuk memberikan nomor PIN atau data pribadi kepada Bank atau pegawai Bank,” pungkas Babay Parid Wazdi. 

Apabila Nasabah membutuhkan informasi lebih lanjut dihimbau menghubungi call center resmi Bank Sumut di 14002.Itp05/r