Dinas Kesehatan Toba Peringati Hari Tuberkulosis se-Dunia di Taman DI Panjaitan

64
Teks Foto: Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc didampingi Kadis Kesehatan dr Fredy Seven Sibarani bersama sejumlah staf Dinas Kesehatan kampanye ke Pasar Tumpah Balige.(itp-Ist)

Balige-Intipnews.com : Dinas Kesehatan Kabupaten Toba memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia yang jatuh pada hari ini, Kamis  24 Maret 2024. Peringatan ini digelar di Taman DI Panjaitan  Balige tadi pagi.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc memaparkan bahwa terdapat 564 penderita aktif tuberkulosis atau TB/TBC di Kabupaten Toba saat ini. 

Angka tersebut paparnya, harus terus ditekan, bahkan target berikutnya adalah zero new TB di Toba. Adapun langkah-langkah untuk mencapai target tersebut adalah memakan makanan bergizi, membersihkan lingkungan serta rutin mendeksi dengan cara memeriksakan diri ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat. 

“Biasakan makan dengan sayur, bahkan harus pakai sayur. Banyak sayur disekitar kita, tidak harus beli. Kemudian makan buah, buah juga banyak di sekitar kita, enggak perlu tunggu-tunggu apel, anggur dan lain-lain. Konsumsi saja buah yang ada di sekitar kita,” tegas Bupati. 

Selain menyampaikan soal gizi, Bupati juga menyampaikan pesan soal kebersihan lingkungan dan deteksi dini.

 “Jaga kebersihan lingkungan. Kebersihan rumah, halaman, pakaian. Habis aktivitas cuci tangan pakai sabun. Kemudian jangan takut periksa ke dokter, ini bukan aib jadi tidak perlu takut,” kata Poltak. 

Acara peringatan Hari Tuberkulosis se-Dunia kemudian dilanjutkan dengan kampanye ke pasar tumpah di Kota Balige. Bupati mengajak para pedagang dan membeli untuk membudayakan memakan makanan bergizi serta menjaga kebersihan lingkungan. Itp Mantap