Ikan Gamak Khas Negeri Lama, Jadi Inovasi Daerah dari Labuhanbatu Diperkenalkan ke Orang Kemendagri

10

Labuhanbatu-Intipnews.com: Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd. MM, Kamis (27/6/2024) pagi, tampak sibuk sedang menerima kunjungan Tim Dewan Juri Inovasi Daerah dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Provinsi Sumatera Utara, dan Kementerian Dalam Negeri, di ruang rapat Wakil Bupati Labuhanbatu. (foto).

Kedatangan tim dewan juri itu berkaitan dengan masuknya inovasi GASPUL atau Gerakan Anti Stunting Penurunan Prevalensi Stunting Untuk Labuhanbatu, yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan setempat untuk diikut sertakan dalam penilaian inovasi daerah yang sedang berlangsung.

Dalam kesempatan itu, Ellya Rosa Siregar tidak sendiri. Dia didampingi oleh pejabat terkait di lingkungan Pemkab Labuhanbatu diantaranya Kepala Balitbang Zuhri, SE, M.Si dan Kepala Bappeda Hobol Z Rangkuti, MM.

Terdapat sejumlah inovasi yang tergabung dalam inovasi GASPUL dan dibawakan oleh Kabupaten Labuhanbatu.
Inovasi-inovasi itu diantaranya Motan (Mobil Stunting), Parenting (Perpustakaan Stunting), Ranting (Sekretariat Stunting).

Kemudian, Maksum Ginting (Gamak Dimsum Cegah Stunting), Lambang Catin (Lapis Torbangun Cegah Stunting), dan Gema Stunting (Nugget Gamak Cegah Stunting).

Ellya Rosa Siregar kepada tim dari Bapelitbang Provinsi Sumatera Utara, dan Kementerian Dalam Negeri, bercerita memperkenalkan ikan Gamak, yaitu Ikan khas dari Kelurahan Negeri Lama, yang juga merupakan tempat dirinya lahir dan dibesarkan oleh orang tuanya.

Dia bercerita, di aliran Sungai Bilah yang melintasi Kelurahan Negeri Lama yang merupakan ibukota Kecamatan Bilah Hilir, terdapat sangat banyak ikan gamak. Ikan yang bentuknya sangat mirip dengan ikan teri itu, merupakan ikan musiman yang sangat banyak dijumpai disana jika musimnya tiba dan mengandung banyak protein.

“ Di aliran Sungai Bilah di Negeri Lama, di situlah ikan gamak banyak dijumpai. Ikan musiman ini, kata orang tua kami dahulu adalah ikan yang banyak mengandung protein. Tentunya sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan proteinnya sangat baik untuk tubuh manusia” kata Ellya Rosa.

Jika ditilik dari berbagai literatur dan pengakuan masyarakat di sana, ikan gamak memang merupakan ikan khas Kelurahan Negeri Lama. Karena itu pula, nama lain dari Kelurahan Negeri Lama dikenal dengan nama “Kota Gamak”.

Karena itu pula, ikan gamak menjadi salah satu inovasi daerah karena merupakan ikan khas yang berasal dari kekayaan sumber daya alam Kabupaten Labuhanbatu.

“Oleh karena itu, ikan gamak menjadi salah satu inovasi daerah dari Kabupaten Labuhanbatu,” terang mantan Ketua DPRD Labuhanbatu periode 2009-2014 silam itu. (Oleh : Andi Tanjung).