Johannes Haratua Hutagalung S.Sos Kembali Duduk di Kursi DPRD Kota Medan Periode 2024-2029

21

Medan-Intipnews.com: Anggota DPRD Kota Medan Periode 2019-2024, Johannes Haratua Hutagalung S.Sos kembali terpilih menduduki kursi DPRD Kota Medan Periode 2024-2029. Hal ini membuat politisi PDI Perjuangan tersebut mengucap syukur kepada Tuhan atas karunia yang diberikan kepadanya.

“saya mengucap syukur kepada Tuhan, terpilih kembali jadi anggota DPRD Medan, ini karunia dari Tuhan,” kata Johannes Hutagalung saat ditemui di DPRD Medan, Selasa lalu.

Selain itu, Johannes juga berterima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan oleh keluarga, istri dan anak. Juga dukungan dari masyarakat yang memilihnya pada saat pemilihan tanggal 14 Februari lalu.

“Karena doa dan dukungan keluarga serta masyarakat khususnya warga Dapil 5 Kota Medan membuat saya berhasil terpilih lagi,” ujar pria kelahiran 30 September 1977 ini.

Disebutkan Johannes, dirinya masih seolah mimpi di dalam kenyataan kalau bisa melewati ‘pertempuran’ berebut 1 dari 12 kursi yang disediakan di Dapil 5 Kota Medan yang meliputi Kecamatan Medan Tuntungan, Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Johor, Medan Polonia dan Medan Maimun.

“Kayak mimpi aku bang bisa terpilih lagi dalam pertarungan di dapil yang diisi oleh para petarung yang sangat kompetitif. Saya sangat mensyukuri terpilih kembali,” ujarnya lagi.

Dijelaskannya, Pemilu 2024 ini sangat melelahkan karena waktu kampanyenya bersamaan dengan pilpres.

Sebagai kader PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, anggota Komisi 2 DPRD Medan itu juga harus memenangkan paslon nomor urut 3 itu.

“Satu sisi juga saya harus bisa menyapa masyarakat dan konstituen yang memilih pada pemilu 2019 lalu,” sebutnya.

Dengan kembalinya menggunakan sistem penghitungan suara dengan metode sainte lague, persaingannya bukan hanya dengan calon anggota legislatif (caleg) dari parpol lain tapi juga dengan caleg dari parpol yang sama.

“Apalagi di Dapil 5. Selain di PDIP, caleg parpol lain juga diisi oleh ‘para bintang’ yang dinilai akan mampu mendulang suara pemilih di dapil ini,” ungkapnya.

Lanjut Johannes Hutagalung yang hingga kini masih menjabat Ketua Punguan Si Raja Hutagalung Datu Sorga Kota Medan itu, menyebut keikutsertaannya kembali menjadi anggota DPRD Medan adalah agar bisa masuk ke sistem Pemerintahan Kota Medan.

Dengan masuknya ke dalam ‘sistem’ sesuai fungsi anggota DPRD Medan, Johannes berharap bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya Dapil 5 Kota Medan.

Ketika ditanya, bagaimana kiat perjuangannya berhasil terpilih kembali menjadi anggota legislatif.

Johannes  menceritakan, kuncinya adalah rajin berkunjung dan bertemu konstituennya untuk berdialog dan menampung aspirasi mereka serta memperjuangkannya agar direalisasikan oleh Pemko Medan.

“Dengan tetap menjaga komunikasi serta rajin berdialog dengan masyarakat di dapil saya dan menjadi penyambung aspirasi mereka di DPRD Medan,” tandasnya.

Dari hasil pengumuman rekapitulasi hasil perolehan suara parpol dan suara caleg DPRD Medan oleh KPU Medan pada rapat pleno terbuka yang telah selesai digelar sejak 27 Februari – 12 Maret 2024, Johannes Hutagalung mencatatkan namanya sebagai pemilik suara terbanyak kedua caleg PDIP di Dapil 5 dengan perolehan 7.596 suara.

Lolos bersamanya ke DPRD Medan, adalah caleg wajah baru yang dimiliki PDIP yakni Jusup Ginting Suka dengan memperoleh, 8.395 suara.

Dengan suara total 50.465, dari dapil ini PDIP keluar sebagai juara dan berhak atas 2 kursi di DPRD Medan.

Berikut nama dan perolehan suara 12 caleg terpilih dengan suara terbanyak yang diumumkan KPU Medan pada rapat pleno terbuka hasil pemilu 2024 diurutkan berdasarkan kursi parpol di Dapil 5 Kota Medan.Itp05/r